Yuk Amalkan! Ini Keutamaan Salat Sunah Dhuha, Cek Niat dan Cara Melaksanakannya di Sini

Yuk Amalkan! Ini Keutamaan Salat Sunah Dhuha, Cek Niat dan Cara Melaksanakannya di Sini

Ilustrasi. Ini keutamaan hingga cara melaksanakan salat sunah dhuha.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Selain salat wajib, ada pula salat sunah yang dapat dikerjakan umat Muslim. Ibadah ini dapat dijalankan di waktu pagi, sehingga dapat meluangkan waktu untuk mengerjakannya.

Termasuk sunah karena jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dijalankan juga tidak ada masalah. Namun, sebagian orang mengamalkannya untuk meminta pertolongan dari Allah SWT.

Berikut ini keutamaan sholat dhuha, niat dan cara melaksanakannya yang dapat menjadi referensimu memulai ibadah di pagi hari.

BACA JUGA:Rezeki Tambah Berlimpah, Amalkan Sholawat Nabi Ini, Cukup Baca Setelah Sholat Fardhu

Dapat diartikan bahwa salat Dhuha memperoleh keutamaan sebagaimana seseorang menjani salat ini. Tidak hanya ibadah wajib, ibadah sunah juga memiliki keutamaannya sendiri.

Tidak hanya istimewa, salat Dhuha memiliki keutamaan yang luar biasa. Salah satunya yakni sebagai tambahan meningkatkan ibadah, terlebih ada pahala di dalamnya.

Salat Dhuha dipercaya dapat membuka pintu rezeki bagi siapa yang bisa mengerjakannya. Sehingga, hal ini menjadi hajat kebanyakan umat Muslim yang berharap agar dilancarkan rezekinya oleh Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA:Inilah Bacaan Niat Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan, Yuk Ajarkan Pada Anak-anak dari Sekarang

Dilansir dari berbagai sumber, Salat Dhuha dikerjakan saat memasuki waktu dhuha (pagi), yakni saat matahari sudah naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya hingga menjelang waktu Dzuhur. Dalam pelaksanaannya, salat dunsh ini dapat dilakukan baik di awal waktu maupun akhir waktu.

Untuk tahapannya tidak jauh berbeda dengan salat pada umumnya, kemudian dilakukan minimal dua rakaat. Waktu utama yang baik untuk melakukan salat Dhuha yaitu setelah seperempat siang, yang berarti sekitar pukul 8.30 WIB untuk wilayah Surabaya dan 9.00 untuk Jakarta.

Sebagaimana sabda Rasulullah yang maknanya:

Bahwasanya Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan salat Dhuha (di awal pagi). Dia berkata: "Tidakkah mereka mengetahui bahwa salat di selain waktu ini lebih utama.

BACA JUGA:Amalkan Sholawat Nuril Anwar Ini Setiap Selesai Sholat Fardhu, Insya Allah Terhindar dari Sihir

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: