Jangan Asal! Atur Keuangan untuk Mudik Lebaranmu dengan 5 Tips Ini, Perjalanan Nyaman Keuangan Nyaman

Jangan Asal! Atur Keuangan untuk Mudik Lebaranmu dengan 5 Tips Ini, Perjalanan Nyaman Keuangan Nyaman

Jangan asal! Atur keuangan untuk mudik lebaranmu dengan 5 tips ini, perjalanan nyaman keuangan nyaman--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Jika menggunakan transportasi umum, kamu tentu harus membeli tiket sejak jauh hari mengingat tiket uini lebih cepat habis terutama jika dibeli menjelang hari keberangkatan. 

BACA JUGA:Miliki Desain Berbeda, Ketahui 8 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Ini Sebelum Mudik Lebaran 2024

Selain itu jika kamu merencanakan hal ini sejak lama, maka kamu dapat menabung untuk mempersiapkan keuangan menjelang mudik untuk berbagai keperluan. 

2. Memanfaatkan THR dan Bonus

Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatka THR dan juga bonus lainnya yang kamu dapatkan agar tidak mengganggu keuangan rutin. 

Manfaatkan hal ini untuk keperluan mudik sehingga apabila tidak cukup kamu dapat menambah kekurangannya dari tabunganmu dengan jumlah yang tidak terlalu berat. 

BACA JUGA:Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Mudik agar Kuat Selama Perjalanan, Minum 5 Vitamin Ini

3. Membuat Perencanaan Pengeluaraan Selama Mudik

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat perencanaan pengeluaran selama mudik agar keuangan tetap terjaga dan tidak melebar kemana-mana. 

Kamu perlu memperhatikan agar tidak mengeluarkan pengeluaran yang berlebihan seperti saat membeli oleh-oleh yang seringkali membuat pengeluaran menjadi membengkak. 

BACA JUGA:Lakukan 7 Tips Ini untuk Menekan Pengeluaran saat Mudik, Bikin Jauh Lebih Hemat

Perencanaan yang jelas ini dapat membantu kamu untuk mengatur keuangan dan juga pengeluaran. Kamu dapat mencatat beberapa pengeluaran yang dilakukan seperti transportasi, makan, oleh0-oleh, rekreasi, dan masih banyak lagi. 

4. Memisahkan Biaya Mudik

Kamu juga perlu memisahkan biaya mudik setelah menyiapkan perencanaan pengeluaran dan juga menentukan besaran keperluan saat mudik lalu memisahkannya agar tidak tercampur dengan tabungan atau kebutuhan pokok. 

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Keluarga Merek Hyundai untuk Mudik Lebaran 2024, Ada Apa Aja? Yuk Cek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: