Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

Kelompok lanjut usia perlu kalsium lebih, inilah 5 manfaat konsumsi susu bagi lansia--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Meski demikian, pemilihan susu yang akan dikonsumsi oleh lansia juga harus tepat. Sebaiknya pilih susu dengan kandungan lemak yang rendah karena susu tinggi lemak justru dapat meningkatkan resiko penumpukan lemak di pembuluh jantung. 

BACA JUGA:8 Jenis Makanan dengan Kandungan Kalium Tinggi, Nutrisi Penting Dibutuhkan Tubuh

4. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah radang sendi yang dapat dialami oleh para lansia sehingga mengonsumsi susu baik untuk mencegah penyakit yang satu ini. 

Menurut Arthritis Foundation, seperti yang dilansir dari laman hellosehat.com, kandungan kalsium, vitamin D, serta protein yang tinggi dalam susu berpotensi untuk menurunkan resiko dari penyakit ini dengan melindungi tulang yang mendukung persendian. 

BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Ini 10 Cara Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokan, Nomor 4 Belum Banyak yang Tahu, Yuk Cek

Oleh sebab itu, mengonsumsi susu dan produk olahan susu dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah radang sendi. 

5. Menjaga Massa Otot

Mereka yang berada di usia lanjut juga seringkali dihadapkan dengan kondisi hilangnya massa otot. Untuk menjaga massa otot ini memerlukan protein, dan susu adalah salah stau minuman yang mengandung banyak protein sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang tua. 

Oleh sebab itu, mereka yang rutin mengonsumsi susu dapat menjaga kadar protein dalam tubuh mereka sehingga massa otot akan tetap terjaga saat dibarengi dengan berolahraga atau aktifitas fisik lainnya. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Tempe, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Sumber Protein, Vegetarian Wajib Tahu!

Demikian ragam manfaat dari mengonsumsi susu bagi para lansia. Tetap pastikan untuk memilih susu yang tepat dikonsumsi para lansia seperti susu rendah gula dan rendah lemak. Bila perlu, konsultasikan dengan ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan susu yang diperlukan oleh para lansia. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: