Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

Kelompok lanjut usia perlu kalsium lebih, inilah 5 manfaat konsumsi susu bagi lansia--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Wanita umumnya lebih rentan mengalami osteoporosis saat telah memasuki masa menopause sementara laki-laki rentan mengalami kondisi yang sama saat hormon testosteron mereka menurun.

Oleh sebab itu, orang tua seringkali diasarankan untuk tetap mengonsumsi kalsium untuk dapat mengurangi hilangnya mineral pada tulang. 

BACA JUGA:Tidak Ada Kata Terlambat, Yuk Terapkan 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini untuk Tubuh Bugar di Usia Senja

Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu juga dapat membantu tulang menjadi lebih padat sehingga mengonsumsi susu bagi lansia dapat membantu mereka untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Sumber Vitamin D 

Lansia biasanya tidak bisa bergerak seaktif dulu sehingga mereka lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah. Hal ini dapat meningkatkan resiko kekurangan vitamim D. 

BACA JUGA:Lansia Rewel Soal Makanan? Ini Tips Memilih Makanan Sehat Penuh Nutrisi Khusus Untuk Lansia, Apa Saja?

Vitamin D merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan tulang karena membantu penerapan kalsium pada makanan. Vitamin D memang dapat diperoleh melalui makanan seperti ikan, daging hingga telur. 

Meski demikian, produksi vitamin D oleh tubuh lebih banyak didapatkan melalui paparan sinar matahari pagi. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin D juga semakin berkurang. Oleh sebab itu, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D seperti susu diperlukan oleh lansia. 

BACA JUGA:Berikut 10 Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi Baik untuk Kesehatan Tulang, Nomor 9 Bikin Kaget!

3. Menyehatkan Otak dan Jantung

Mengonsumsi susu dapat menaikkan kadar aktioksidan di otak sehingga dapat menjaga kesehatan otak dan melindungi otak dari kerusakan. Konsumsi susu secara rutin dan teratur juga dapat menurunkan resiko alzheimer pada lansia. 

Selain kandungan antioksidan untuk otak, kandungan kalium pada susu juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena kalium dapat menjaga tekanan darah pada lansia agar tetap normal.

BACA JUGA:Kabar Baik! Jenis Makanan Ini Punya Kandungan Kalium Tinggi, Buat Tubuh Jadi Sehat

Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tubuh dan juga mengurangi tekanan paa dinding pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: