Kenali Gejala Chinese Restaurant Syndrome Akibat Konsumsi MSG, Pernah Mengalami? Cek Juga Cara Mengatasinya

Kenali Gejala Chinese Restaurant Syndrome Akibat Konsumsi MSG, Pernah Mengalami? Cek Juga Cara Mengatasinya

Kenali gejala Chinese restaurant syndrome akibat konsumsi MSG, pernah mengalami? cek juga cara mengatasinya--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mungkin beberapa orang belum tahu mengenai gejala Chinese Restaurant Syndrome sebagai efek samping akibat konsumsi MSG

BACA JUGA:Gunakan Sewajarnya Karena Berikut Dampak Konsumsi MSG Berlebihan pada Tubuhmu

Chinese Restaurant Syndrome atau Sindrom Restoran Cina ini merupakan sekumpulan gejala atau efek samping yang muncul setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG (monosodium glutamat). 

Gejala ini muncul akibat kandungan MSG yang berupa garam natrium yang diperoleh dari fermentasi asam amino glutamat. Kemudian, banyak juga ditemukan dalam bahan makanan lain seperti rumput laut (nori), tomat, daging, hingga keju. 

BACA JUGA:Para Ibu Wajib Tahu! Ternyata Ini Dampak Negatif Konsumsi MSG Berlebihan, Kesehatan Bisa Jadi Ancaman

Definisi dari Chinese Restaurant Syndrome sendiri bukanlah hal rasis, melainkan merujuk pada gambaran gejala yang dirasakan oleh orang-orang setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG di restoran Cina. 

Mengutip dari laman Jovee.id, terdapat perdebatan tentang kesehatan MSG pada tahun 1968 setelah seorang pria menulis surat kepada New England Journal of Medicine yang mengeluhkan gejala mati rasa setelah makan di restoran Cina. Hal inilah yang melatarbelakangi kemunculan istilah Chinese Restaurant Syndrome. 

Lantas apa saja gejala Chinese Restaurant syndrome dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasinya dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Buah Jeruk Menyimpan 12 Manfaat Istimewa untuk Kesehatan, Salah Satunya Efektif Melancarkan Pencernaan

Gejala Chinese Restaurant Syndrome

Gejala dari Chinese Restaurant Syndrome ini muncul setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG.

Biasanya mereka yang sensitif terhadap kandungan dalam MSG atau yang mengonsumsi MSG berlebih akan menimbulkan sejumlah gejala, seperti:

BACA JUGA:Inilah 4 Jenis Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya, Segera Ketahui Untuk Mendapatkan Penanganan yang Tepat

1. Sakit kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: