8 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan, Cegah Komplikasi Penyakit Asam Lambung hingga Atasi Diabetes

8 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan, Cegah Komplikasi Penyakit Asam Lambung hingga Atasi Diabetes

Ilustrasi. Kandungan dan manfaat dari black garlick untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Web/umsu.ac.id)

BETVNEWS - Black garlick atau bawang hiam merupakan salah satu bahan alami yang bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, diantaranya menjaga kesehatan jantung dan cegah diabetes.

Kemampuan ini diperoleh dari berbagai kandungan yang dimiliki black garlic itu sendiri, mulai dari vitamin c, kalsium, folat, zat besi, serat dan berbagai sifat antioksidan lainnya.

Diketahui, kandungan inilah yang berkerja secara aktif mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes, asam lambung, penyakit gula, bahkan obesitas.

BACA JUGA:Inilah 10 Manfaat Tomat Merah untuk Kesehatan Tubuh, Dari Atasi Tekanan Darah hingga Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi black garlick itu sendiri. Sebagai informasi, black garlick adalah bawang putih yang dipermentasikan hingga warnanya berubah menjadi hitam.

Permentasi bawang putih menjadi black garlic melalui cukup banyak proses dan memakan waktu yang lama. Awalnya bawang putih disimpan pada suhu ruang 60-77 derajat selama 30-90 hari.

Tidak hanya warna yang beruba melalui proses permentasi tersebut, rasa dari bawang putih dan black garlick juga berbeda. Sebelum dipermentasi bawang putih memiliki rasa yang sedikit berat dan unik, sedangkan ketika sudah menjadi black garlic rasanya menjadi asam.

BACA JUGA:Tomat Hijau Punya Segudang Manfaat Untuk Kesehatan, Cek Daftar Khasiatnya di Sini

Dilansir dari Halodoc.com, berikut manfaat black garlic untuk kesehatan:

1. Menunjang Kesehatan Jantung

Manfaat black garlick untuk kesehtaan yang pertama adalah membantu menunjang kesehatan jantung. Hal tersebut karena black garlik memiliki sifat antioksidan yang berfungsi melindungai jantung dari kerusakan.

Tidak hanya itu, kandungan yang dimiliki black garlik efektif menurunkan kadar kolesterol sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

Di sisi lain, black garlic juga membantu menghambat peradangan sehingga jantung dapat lebih nyaman.

BACA JUGA:Cegah Gula Darah dengan Mengonsumsi Buah Plum, Cek Manfaat Lainnya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: