Antisipasi Ancaman El Nino, Distan Seluma Usulkan Bantuan untuk 2.400 Ha Sawah

Antisipasi Ancaman El Nino, Distan Seluma Usulkan Bantuan untuk 2.400 Ha Sawah

Dinas Pertanian Kabupaten Seluma bersama Komando Distrik (Kodim) 0425 Seluma gencar melakukan pendataan sejumlah lahan tadah hujan guna menambah perluasaan areal tanam (PAT).--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Guna mengantisipasi ancaman El Nino, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma bersama Komando Distrik (Kodim) 0425 Seluma gencar melakukan pendataan sejumlah lahan tadah hujan guna menambah perluasaan areal tanam (PAT).

Sejauh ini, Distan dan Kodim/0425 Seluma telah mendata seluas 2.400 hekatre sawah lahan tadah hujan dari 14 kecamatan se-Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Kemaruk Politik dalam Pesan Harian UJH, Sindiran untuk Siapakah?

2.400 hekatre lahan sawah tadah hujan ini akan dipersiapkan untuk mengatasi ancaman El nino, sehingga sesuai arahan dari Kementerian Pertanian agar lahan sawah hujan terus dioptimalkan.

Kepala Dinas Pertanian Arian Sosial melalui Kabid Pertnian Djoko Valeyantoro, mengatakan telah mengusulkan bantuan untuk keperluan untuk sawah lahan tadah hujan seluas 2.400 hekatre dari 200 kelompaok tani ke Kementan RI.

BACA JUGA:Pelebaran Jalan Lintas Curup-Lebong Semakin Mendesak Akibat Longsor

Bantuan yang diusulkan ini seperti sumur bor, pipanisasi, pompa air, serta Alsintan seperti handtracktor.

"Kita usulkan bantuan seluas 2400 hektare, bantuan ini untuk mengatasi saat el nino atau musim kemarau panjang melanda," kata Kabid Pertanian, Sabtu 27 April 2024.

BACA JUGA:Jalan Lintas Curup-Lebong Kembali Longsor, Badan Jalan Semakin Kecil

Menurutnya, di tahun 2024 ini, El Nino atau musim kemarau ekstrem akan lebih panjang melanda kawasan di Asia Tenggara.

Bahkan diprediksi negara-negara pengekspor beras seperti Vietnam, Thailand dan lainnya akan membatasi kerja sama soal ekspor beras ke Indonesia.

BACA JUGA:Teddy Rahman Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Seluma ke PDIP dan PAN

"Ini juga salah satu instruksi Kementan untuk menjaga ketahanan pangan di Indonesia, karena El Nino diperkirakan bakal lebih panjang dari tahun sebelumnya," ujarnya.

BACA JUGA:Istri Pj Wali Kota Bengkulu Jahit Duplikat Bendera Merah Putih di Persada Fatmawati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: