Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem, BPBD Kota Bengkulu: Cadangan Persediaan Bantuan Aman

Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem, BPBD Kota Bengkulu: Cadangan Persediaan Bantuan Aman

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu memastikan ketersediaan cadangan persediaan bantuan (buffer stok) dalam kondisi aman dan tercukupi.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota BENGKULU memastikan ketersediaan cadangan persediaan bantuan (buffer stok) dalam kondisi aman dan tercukupi. Hal ini dilakukan dalam mengantisipasi dampak perubahan cuaca di Kota BENGKULU akhir-akhir ini.

BACA JUGA:Tim Basket U-18 Bengkulu Selatan Sabet Juara 1 dalam Turnamen Merdeka Cup Rejang Lebong

Buffer stok yang dimiliki BPBD meliputi cadangan makanan seperti beras, mie instan hingga sarden. Kemudian selimut hingga bahan material bangunan. 

Kondisi buffer stok ini juga diklaim tidak ada yang kedaluwarsa karena di distribusi secara berkala. 

BACA JUGA:Dinilai Membahayakan Keselamatan, Warga Minta View Tower Bengkulu Segera Dirobohkan

Kalaksa BPBD Kota Bengkulu Will Hopi, Jumat 3 Mei 2024 mengatakan, buffer stok yang tersedia dapat membantu masyarakat di tengah kondisi bencana mulai dari bencana alam dan bencana sosial, seperti kebakaran.

"Buffer stok alhamdulillah aman. Jika terjadi bencana, bantuan logistik ini langsung diberikan kepada warga yang terdampak," ucap Will Hopi Kalaksa BPBD Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Realisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Provinsi Bengkulu: NPK 27,48 Persen dan Urea 26,85 Persen

Selain itu, dalam menghadapi perubahan cuaca, para personel BPBD disiagakan bersama unsur terkait lainnya dalam menindaklanjuti laporan dan membantu warga Kota Bengkulu.

"Kita semua merasakan bahwa di tahun-tahun ini kondisi cuaca di Indonesia khususnya di Kota Bengkulu berubah-ubah. Maka dengan ini setiap masyarakat Kota Bengkulu haru berhati-hati dalam menyikapinya," tambah Will Hopi kepada BETVNEWS.

BACA JUGA:Cegah Bantuan Salah Sasaran, Dinsos Kota Bengkulu Terus Mutakhirkan DTKS

Buffer stok yang dimiliki BPBD Kota Bengkulu akan didistribusikan apabila terjadi bencana. Saat ini BPBD Kota Bengkulu selalu berkoordinasi antar instansi pemerintahan terkait.

"Kita tidak tau namanya alam bisa berubah sewaktu-waktu, kita juga selalu melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga masyarakat Kota Bengkulu dalam hal tertimpa bencana," tutup Will Hopi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: