dempo

Manaqib Kubra Haul Syekh Abdul Qadir Al Jailani Rutin Digelar di Kabupaten Seluma

Manaqib Kubra Haul Syekh Abdul Qadir Al Jailani Rutin Digelar di Kabupaten Seluma

Nadhlatul Ulama (NU) Kabupaten Seluma mengadakan Manaqib Kubra Syeikh Abdul Qadir Al Jaelani dan Masyasyikh bersama KH Muntaqim Ahmed dan KH Mukahin berlangsung pada Kamis 23 Mei 2024 di Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Nadhlatul Ulama (NU) Kabupaten Seluma mengadakan Manaqib Kubra Syeikh Abdul Qadir Al Jaelani dan Masyasyikh bersama KH Muntaqim Ahmed dan KH Mukahin berlangsung pada Kamis 23 Mei 2024 di Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo.

Hadir juga Ketua PCNU Seluma Dimhari. MZ  Ketua pengajian manaqib kubro Seluma Tamyiz dan Kapolsek Talo M. Haryanto serta Kades Rawa Indah, GP Ansor, Banser.

BACA JUGA: Penting! Ini 5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Si Kecil Sejak Dini

Manaqib Kubro merupakan salah satu tradisi pengajian masyarajat Islam dari Nahdatul Ulama yang kerap diselenggarakan di Kabupaten Seluma.

Acara Manaqib Kubro Syekh Abdul Qodir Al Jailani berlangsung rutin tiga bulan sekali dan dibuka dengan lantunan shalawat yang kemudian dilakukan dengan pembacaan manaqib dilanjutkan dengan tausyiah oleh para kyai.

BACA JUGA:7 Cara Paling Mujarab Mencegah Obesitas, Yuk Terapkan Agar Berat Badanmu Tetap Ideal

Ketua cabang Nahdatul ulama Kabupaten Seluma mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud cinta kepada Syekh Abdul Qodir Al-Jailani.kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan secara rutin selama 3 bulan sekali dan sudah diselenggarakan hampir 17 tahun sejak 2007 di Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:7 Cara Paling Mujarab Mencegah Obesitas, Yuk Terapkan Agar Berat Badanmu Tetap Ideal

Tujuan dari Manaqib Kubro adalah salah satu upaya untuk menambah kecintaan terhadap para ulama dan wali berakidahkan ahlusunnah wa jamaah dengan membaca Manaqib-nya.

Dengan begitu, maka lebih mendalami bisa jejak-jejak keshalehan dan kebaikannya sepertinya tokoh sufi Syeihk Abdul Qodir Al Jaelani.

"Kegiatan manaqib kubro sudah berjalan mulai dari tahun 2007 hingga saat ini dan terus aktif melakukan kegiatan seperti ini setiap 3 bulan sekali diokasi yang berbeda. Kegiatan ini bertujuan agar khususnya generasi muda ini mau mengerti juga mengikuti  para ulama dahulu yang berakidah ahlu sunnah wal jamaah seperti Syeihk Abdul Qodir Al Jaelani waliyullah," kata Ketua Dimhari, Jumat 24 Mei 2024.

Lanjutnya, dengan pengajian Manqib Kubro jemaah mendapatkan berkah dari pembacaan manqiban.

Hal tersebut karena Syeikh Al Qodir Al Jaelani merupakan waliyullah yang sangat istimewa.

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Hentikan Kebiasaan Buruk Ini Agar Tidak 'Menular' ke Anak, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: