dempo

5 Tips Rawat Kulit Berminyak, Rutin Cuci Muka hingga Gunakan Kosmetik yang Sesuai

5 Tips Rawat Kulit Berminyak, Rutin Cuci Muka hingga Gunakan Kosmetik yang Sesuai

5 tips rawat kulit berminyak, rutin cuci muka hingga gunakan kosmetik yang sesuai--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Tips merawat kulit berminyak yang pertama adalah dengan rutin mencuci muka secara teratur. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak. 

BACA JUGA:Kulit Berminyak Tetap Perlu Sunscreen, Cek 5 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak Ini

Kamu dapat mencuci muka setidaknya 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Pastikan juga untuk menggunakan sabun muka yang bersifat nonkomedegoenik dan berbahan lembut untuk menghindari iritasi pada kulit. 

Pastikan juga untuk memilih produk sabun cuci muka yang mendanung asam salisilat, asam glikolat, asam betahidroksi atau bezoil peroksida yang mampu mengatasi masalah kulit berminyak. 

BACA JUGA:Kulitmu Berminyak? Berikut 5 Tips untuk Merawatnya, Salah Satunya Rutin Mencuci Muka

2. Menggunakan Pelembab Khusus

Kondisi kulit yang berminyak tidak lantas berarti kulit tidak memerlukan pelembap. Kulit berminyak juga tetap memerlukan pelembap agar dapat tetap terhidrasi. 

Namun pastikan untuk memilih pelembap yang memiliki label oil free atau bebas minyak untuk mencegah pori-pori tersumbat yang nantinya dapat menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah. 

BACA JUGA:Sebaiknya Hindari 6 Makanan Ini Jika Kamu Punya Kulit Berminyak, Yuk Cek Apa Saja

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk memilih pelembap yang water based atau berbahan dasar air agar tidak meninggalkan residu dan membuat wajah menjadi mengkilap. 

3. Menggunakan Kertas Minyak 

Penggunaan kertas minyak pada kondisi kulit yang berminyak biasanya menjadi pilihan. Hal ini lantaran kertas minyak dapat menyerap minyak seketika tanpa membuat kulit wajah menjadi terasa kering. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak, Yuk Cek Apa Saja

Kamu dapat menggunakan kertas minyak ini dengan mengelap wajah dengan lembut menggunakan kertas tersebut di area yang berminyak. Pastikan untuk tidak menggosoknya terlalu keras. 

Menggosok kertas minyak terlalu keras dapat mengakibatkan luka dan membuat minyak menyebar ke seluruh wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: