dempo

Makin Dekat dengan Allah SWT, Ini 7 Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Makin Dekat dengan Allah SWT, Ini 7 Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi. Makin dekat dengan Allah SWT, ini manfaat berkurban di Hari Raya Idul Adha.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:7 Outfit Rekomendasi untuk Idul Adha, Ada Kaftan hingga Celana Rok

2. Mendapat ampunan

Berkurban bisa bermanfaat untuk mendapat ampunan dari Allah SET, hal ini disebutkan dalam hadits riwayat Al-Bazzar dan Ibnu Hibban:

"Hai Fatimah, berdirilah di sisi korbanmu dan sakdikanlah, ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu."

3. Mendapat keberkahan hidup

Seseorang yang berkurban di Hari Raya Idul Adha bisa mendapat keberkahan dalam hidupnya. Manfaat ini bisa dirasakan setiap orang yang dengan senang hati berkurban.

Terlebih mereka yang merasa lebih bersyukur saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Sebab dengan bersyukur seseorang akan menjalani hidup penuh dengan keberkahan dan terhindari dari penyakit hati.

BACA JUGA:6 Keutamaan Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2024, Pahala Setahun Penuh Imbalannya

4. Amalan yang dicintai Allah SWT

Menyembelih hewan kurban menjadi salah satu amal saleh yang cukup besar. Hal ini disebutkan dalam riwayat yang berasal dari Aisyah RA, kemudian ia menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirnya darah (kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya," (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah, sebagian ulama mengatakannya dhaif).

Meskipun hadits ini lemah, hanya saja kata Ammi Nur Baits, tidak menghilangnya keutamaan kurban itu sendiri. Syaikhul Islam dalam Majmu' Fatawa menyebutkan, keutamaan kurban ini lebih utama daripada sedekah.

BACA JUGA:5 Keutamaan Bulan Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2024, Pengapusan Dosa Jaminannya

"Berkurbanlah, aqiqah, hadyu sunah, semuanya lebih baik, daripada sedekah dengan uang senilai hewan yang disembelih," tulis Syaikhul Islam.

Lantas Jumhur ulama pun menyepakati bahwa kurban di Hari Raya Idul Adha merupakan sunah teruntuk setiap orang yang mampu melaksanakannya. Dalam hadits shahih riwayat Imam Ahmad dan Imam al-Hakin menyebutkan bahwa:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: