KPU

Disnakkeswan Provinsi Bengkulu: 43.000 Ekor Kambing Siap Dikurbankan di Hari Raya Idul Adha

Disnakkeswan Provinsi Bengkulu: 43.000 Ekor Kambing Siap Dikurbankan di Hari Raya Idul Adha

Jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Bengkulu melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban jenis kambing. --(Sumber Foto: Imron/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Jelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi BENGKULU melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban jenis kambing di tingkat peternak yang ada di Jalan Sungai Rupat, Kelurahan Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota BENGKULU

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, M. Syarkawi mengatakan, sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan hewan ternak jenis sapi.

BACA JUGA:Pemandangan Antrean Panjang di Sejumlah SPBU di Kota Bengkulu Pasca Sepekan Insiden Kapal Tongkang

Kali ini pihaknya memeriksa hewan kurban jenis kambing, yang dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan kurban baik dari kesehatan dan fisik sesuai syariat Islam. 

Pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan mulai dari kondisi fisik tidak ada kecacatan, tidak sedang hamil bagi hewan ternak betina, alat kelamin lengkap bagi hewan ternak jantan serta berusia satu tahun. 

BACA JUGA:Isu Kejaksaan Superbody, Suparji Ahmad: Serangan Balik Koruptor

"Pemeriksaan yang barusan kita lakukan adalah memastikan stok hewan kurban jenis kambing di tempat ini seperti umur di atas satu tahun, kondisi kesehatan kambing, berat rata-rata kambing di sini. Memastikan hewan yang sakit tidak boleh di jual untuk kurban, melihat kecacatan matanya, pincang, dan kurus sampai tidak memiliki lemak," ujarnya, Sabtu 8 Juni 2024 pukul 16.10 WIB

BACA JUGA:Kembali Bermunculan, Dinsos Tertibkan Manusia Silver di Jalanan Kota Bengkulu

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap hewan kurban jenis kambing di tempat penampungan, seluruh hewan kurban jenis kambing layak dikurbankan. 

"Dari hasil pemeriksaan fisik dan kesehatan sesuai kriteria hewan kurban, rata-rata kambing di atas usia satu tahun di tempat ini layak untuk dikurbankan," sampai Kabid Keswan (Kesehatan Hewan) dan Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Veteriner Dinas Keswan Provinsi Bengkulu, Indah Permatasari.

BACA JUGA:Progres dan Estimasi Perbaikan Pipa Pertamina Pulau Baai Bengkulu

Indah Permatasari menambahkan, dari data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu menyebutkan, ketersediaan hewan kurban jenis kambing di Provinsi Bengkulu yakni 43.000 ekor.

"Ketersediaan hewan kurban jenis kambing yang sudah kita data dari hasil survei yang sudah terkumpul hingga hari ini yaitu sebanyak 43.000 kambing yang sudah siap dikurbankan," tutup Indah Permatasari. (Imron)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: