dempo

9 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik yang Wajib Dihindari, Makanan Tinggi Lemak hingga Minuman Bersoda

9 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik yang Wajib Dihindari, Makanan Tinggi Lemak hingga Minuman Bersoda

9 makanan pemicu asam lambung naik yang wajib dihindari, makanan tinggi lemak hingga minuman bersoda--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Orang yang memiliki asam lambung cenderung sensitif terhadap lemak sehingga tentu saja mereka juga akan sensitif terhadap susu. Kandungan lemak pada susu dapat memicu asam lambung naik. 

BACA JUGA:5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Tidak Bisa Dikonsumsi Bersamaan dengan Telur, Picu Asam Lambung

Selain susu, cokelat juga dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Mengutip dari laman siloamhospital.com, diketahui cokelat dapat melemaskan otot di katup kerongkongan sehingga memicu makanan dan isi lambung kembali naik. 

BACA JUGA:Bikin Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung, Cek 5 Resep dan Cara Membuat di Sini

Cokelat juga meningkatkan produksi asam pada lambung sehingga akan menimbulkan sensasi panas dan perih pada perut bagian atas dan juga pada bagian dada. 

2. Makanan Tinggi Lemak 

Makanan tinggi lemak dapat memicu asam lambung naik karena lemak dapat merangsang kolesistokinin atau hormon yang memicu mengendurnya katup kerongkongan bagian bawah. Hal ini menyebabkan kerongkongan terbuka dan asam lambung naik hingga ke kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi heartburn. 

BACA JUGA:5 Cara Meredakan Asam Lambung yang Naik

Makanan berlemak memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga pengosongan lambung berjalan lambat dan meningkatkan produksi asam langsung berlebih. 

Makanan tinggi lemak di antaranya adalah susu full cream, daging merah, gorengan, dan sebagainya. 

BACA JUGA: Ampuh Netralisir Rasa Mual, 5 Buah Ini Aman Dimakan saat Asam Lambung Kambuh, Apa Aja?

3. Makanan Pedas

Makanan pedas tentunya sudah terkenal di secara umum sebagai penyebab asam lambung naik. Makanan pedas yang mengandung cabai memiliki zat bernama capsaicin sehingga dapat memperparah iritasi lambung. 

Makanan pedas juga memperlambat sistem pencernaan sehingga makanan akan bertahan lebih lama di dalam perut dan meningkatkan resiko naiknya asam lambung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: