KPU

6 Cara Mengatasi Batuk Kering yang Tak Kunjung Reda, Dijamin Aman dan Mudah Dilakukan

6 Cara Mengatasi Batuk Kering yang Tak Kunjung Reda, Dijamin Aman dan Mudah Dilakukan

Ilustrasi. Cara mengatasi batuk kering yang tak kunjung reda, dijamin aman dan mudah dilakukan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Selanjutnya kamu bisa menggunakan madu untuk meredakan batuk kering. Hal ini karena madu mempunyai kandungan antioksidan, demulcent, dan antiinflamasi.

Seperti demulcent, kandungan ini dapat berefek untuk pelindung dan penenang tenggorokan sebab peradangan atau iritasi.

Selain itu, madu juga memiliki zat analgesik yang bisa meredakan nyeri tenggorokan saat batuk kering maupun batuk berdahak.

BACA JUGA:Terserang Flu, Simak 7 Obat Herbal untuk Redakan Batuk Pilek

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cukup satu sendok madu saja. Lebih nikmat lagi jika mencoba mencampurkan madu dengan teh hangat atau perasan air lemon.

3. Air putih

Selain madu, air putih juga bisa menjadi alternatif untuk meredakan batuk kering. Dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, bisa mengurangi penumpukan lendir, meredakan iritasi, hingga melembapkan tenggorokan.

BACA JUGA:Herbal Alami Kurangi Rasa Mual, Ini 10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan alami lainnya agar minumannya memiliki rasa. Misalnya menambahkan perasan lemon dan madu, atau membuat teh hijau hangat.

4. Mengatur posisi tidur

Selain mengonsumsi minuman, kamu juga bisa mengatur posisi tidur untuk dapat meredakan batuk kering. Diketahui batuk kering dapat dialami karena refluks asam lambung.

BACA JUGA:7 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Ampuh Bikin Kulit Terawat hingga Mencegah Obesitas

Sehingga perlu mencoba mengatur posisi tidur, dengan meninggikan posisi kepala menggunakan tumpukan 2 bantal. Hal tersebut dilakukan agar asam lambung tak kembali naik ke kerongkongan.

5. Mandi air hangat

Cara lainnya yang bisa dilakukan yakni dengan mandi air hangat. Hal tersebut diketahui dapat membantu mengatasi gejala batuk kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: