dempo

6 Ciri Orang Tua Strict Parents yang Sering Tidak Disadari, Nomor 1 Paling Sering Dilakukan

6 Ciri Orang Tua Strict Parents yang Sering Tidak Disadari, Nomor 1 Paling Sering Dilakukan

Ilustrasi. Ciri-ciri orang tua strict parents --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Ciri-ciri orang tua strict parents biasanya dapat terlihat dengan jelas dan digunakan sebagai bahan perbandingan dengan orang tua lainnya. 

BACA JUGA:Waspadai 5 Dampak Negatif Strict Parents Ini, Bisa Berdampak Fatal pada Anak

Strict parents merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti orang tua yang ketat dan kaku sehingga merujuk pada orang tua yang memberikan aturan ketat pada anak-anak mereka. 

Tujuan orang tua yang menerapkan pola asuh strict parents ini adalah agar anak bisa patuh pada orang tua mereka. Namun ternyata pola asuh ini justru dapat memberikan dampak negatif pada anak-anak mereka. 

BACA JUGA:3 Sisi Positif Orang Tua Strict Parents, Salah Satunya Bikin Anak punya Disiplin Tinggi

Orang tua yang menerapkan pola asuh strict parents ini juga seringkali menggunakan pola asuh otoriter dan memberikan banyak aturan ketat yang harus dipahami dan juga ditaati oleh anak mereka. 

Bukan hanya itu saja, orang tua yang menerapkan strict parents biasanya menaruh espektasi yang tinggi pada anak mereka sehingga sang anak akan merasa tertekan dan merasa perlu selalu memenuhi ekspektasi tersebut. 

BACA JUGA:Kenali Istilah Strict Parents yang Bikin Anak Terkekang, Apa Dampaknya pada Si Kecil?

Bahkan, orang tua yang menjadi strict parents ini biasanya menetapkan aturan yang sama sekali tidak bisa ditawar sehingga akan membuat pergerakan anak menjadi terbatas dan tidak bebas.

Lantas bagaimana ciri-ciri orang tua strict parents ini? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:6 Ciri Orang Tua Strict Parents, Salah Satunya Punya Banyak Tuntutan

Ciri-ciri Strict Parents

1. Memberikan Tuntutan namun Tidak Bersikap Responsif

Ciri pertama dari strict parents adalah selalu memberikan tuntutan namun di saat bersamaan tidak bersikap responsif. Orang tua yang menggunakan pola asuh ini cenderung menerapkan banyak peraturan, standar, dan tuntutan bagi anak-anak mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: