dempo

5 Perilaku Toxic Orang Tua yang Tidak Disadari, Nomor 1 Sering Dilakukan

5 Perilaku Toxic Orang Tua yang Tidak Disadari, Nomor 1 Sering Dilakukan

Ilustrasi. Perilaku toxic parents pada anak yang berpotensi ditiru oleh mereka--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Orang tua sering menunjukkan perilaku toxic mereka yang seringkali tidak disadari oleh mereka padahal hal tersebut dapat berdampak buruk pada mental anak

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! 7 Dampak Toxic Parents Ini Fatal untuk Anak, Bisa Tulari Anak di Masa Depan

Tidak hanya itu, perilaku-perilaku ini membekas pada diri anak bahkan hingga mereka tumbuh dewasa dan seringkali ditiru oleh mereka lantaran hanya hal tersebutlah yang mereka lihat sepanjang hidup mereka. 

Orang tua seringkali menunjukkan beberapa perilaku yang dapat merusak mental anak mereka dan tidak menyadari hal tersebut lalu menganggapnya sebagai angin lalu. 

BACA JUGA:Waspada Toxic Parenting, Bisa Pengaruhi Mental Anak, Kamu Salah Satunya?

Padahal tidak seperti orang tua, bagi anak hal tersebut akan terus tersimpan di dalam diri mereka dan terus ada di dalam memori otak hingga beranjak dewasa. 

Sebagai orang tua, mereka tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya namun mereka pun tidak luput dari kesalahan saat membesarkan anak mereka. 

BACA JUGA:Kenali Segera 6 Ciri Toxic Parents Ini Sebelum Terlambat, Jangan Jadikan Anak Korban!

Meski demikian, orang tua perlu dituntut untuk selalu melakukan introspeksi diri dan mencari metode parenting yang tepat agar tidak sampai merugikan anak. 

Orang tua yang bersifat toxic seringkali tidak menyadari jika terdapat dampak dari perilaku mereka terhadap anak-anak dan dapat mengakibatkan mental anak menjadi rusak.

BACA JUGA:Bisa Bikin Mental Anak Hancur, Ini 6 Bahaya Toxic Parents pada Anak

Oleh sebab itu, penting untuk memilih pola asuh yang akan diajarkan pada anak agar orang tua tidak melakukan kesalahan baik disadari maupun tanpa disadari. 

Penting bagi orang tua untuk menunjukkan sikap yang baik pada anak mereka, baik dari segi perbuatan maupun perkataan lantaran keduanya berperan dalam proses belajar dan juga perkembangan anak

BACA JUGA:Hati-hati! 7 Dampak Toxic Parents Ini Bahaya untuk Anak, Bisa Bertahan Sampai Mereka Dewasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: