dempo

5 Penyebab Baby Blues Syndrome yang Tidak Boleh Disepelekan, Kurang Tidur Salah Satunya

5 Penyebab Baby Blues Syndrome yang Tidak Boleh Disepelekan, Kurang Tidur Salah Satunya

Ilustrasi. Penyebab ibu terkena baby blues syndrome pasca melahirkan --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat berbagai macam penyebab baby blues syndrome yang dialami oleh seseorang sehingga penting untuk menaruh perhatian lebih pada ibu yang berpotensi mengalami masalah yang satu ini. 

BACA JUGA:Mengenal Baby Blues Syndrome, Masalah Mental yang Sering Dialami Ibu Baru, Apa Itu?

Baby blues syndrome adalah suatu kondisi saat seorang ibu mengalami depresi ringan pasca melahirkan. Namun sayangnya banyak orang yang menganggap hal ini sebagai hal yang sepele karena minimnya pengetahuan yang dimiliki. 

Keluhan baby blues ini juga bersifat hilang timbul dan biasanya tidak bertahan lebih dari 2 minggu. Namun kondisi ini seringkali menyulitkan ibu untuk dapat merawat bayi mereka sehingga penting untuk mengatasinya dengan baik. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Anemia

Bahkan apabila kondisi ini tidak segera ditangani justru dapat berdampak buruk bagi ibu maupun sang bayi. 

Baby blues menjadi sebuah masalah kesehatan mental yang seringkali membuat ibu merasa lebih emosional dan juga merasa sensitif setelah melahirkan. Mereka akan merasa mudah sedih, mudah marah, dan juga menangis. 

BACA JUGA:Kaya Asam Folat, Singkong Tawarkan 6 Manfaat Ini untuk Ibu Hamil, Cek Sekarang

Proses melahirkan menjadi hal yang tidak mudah untuk setiap ibu sehingga momen tersebut dapat membuat ibu mengalami perubahan suasana hati hingga mengalami yang namanya baby blues syndrome. 

Baby blues syndrome sebagai sebuah gangguan kesehatan mental yang dialami oleh wanita pasca melahirkan biasanya ditandai dengan munculnya perubahan pada suasana hati seperti merasa gundah dan sedih secara berlebihan. 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Salak bagi Ibu Hamil yang Jarang Diketahui, Baik untuk Perkembangan Janin

Meskipun baby blues syndrome ini dapat pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan profesional, namun pada beberapa kasus kondisi ini dapat menjadi sangat serius. 

Biasanya, gejala baby blues ini akan memburuk pada hari ke 3-4 setelah melahirkan dan dapat berlangsung selama 14 hari sehingga kondisi ini sama sekali tidak bisa diabaikan. 

BACA JUGA:Mengandung Air dan Serat Tinggi, Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: