dempo

Mengenal Baby Blues Syndrome, Masalah Mental yang Sering Dialami Ibu Baru, Apa Itu?

Mengenal Baby Blues Syndrome, Masalah Mental yang Sering Dialami Ibu Baru, Apa Itu?

Ilustrasi. Mengenal istilah baby blues syndrome yang sering dialami ibu baru--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengenal baby blues syndrome merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui gejalanya dan juga melakukan tindakan sebelum kondisi menjadi semakin parah. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Anemia

Baby blues syndrome merupakan suatu kondisi saat seorang ibu mengalami depresi ringan pasca melahirkan. Banyak orang yang menganggap hal ini sebagai hal yang sepele karena minimnya pengetahuan. 

Namun, apabila kondisi ini tidak segera ditangani justru dapat berdampak buruk bagi ibu maupun sang bayi

BACA JUGA:Kaya Asam Folat, Singkong Tawarkan 6 Manfaat Ini untuk Ibu Hamil, Cek Sekarang

Baby blues merupakan sebuah masalah kesehatan mental yang seringkali membuat ibu merasa lebih emosional dan juga merasa sensitif setelah melahirkan. Mereka akan merasa mudah sedih, mudah marah, dan juga menangis. 

Proses melahirkan menjadi hal yang tidak mudah untuk setiap ibu sehingga momen tersebut dapat membuat ibu mengalami perubahan suasana hati hingga mengalami yang namanya baby blues syndrome. 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Salak bagi Ibu Hamil yang Jarang Diketahui, Baik untuk Perkembangan Janin

Baby blues syndrome sebagai sebuah gangguan kesehatan mental yang dialami oleh wanita pasca melahirkan biasanya ditandai dengan munculnya perubahan pada suasana hati seperti merasa gundah dan sedih secara berlebihan. 

Meskipun baby blues syndrome ini dapat pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan profesional, namun pada beberapa kasus kondisi ini dapat menjadi sangat serius. 

BACA JUGA:Mengandung Air dan Serat Tinggi, Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Biasanya, gejala baby blues ini akan memburuk pada hari ke 3-4 setelah melahirkan dan dapat berlangsung selama 14 hari sehingga kondisi ini sama sekali tidak bisa diabaikan. 

Bahkan jika kondisi ini tidak kunjung membaik setelah dua minggu, maka sebaiknya ibu harus berkonsultasi dengan dokter lantaran kondisi baby blues ini dapat berkelanjutan dan berubah menjadi Postpartum depression atau depresi pasca melahirkan yang dapat membahayakan baik ibu maupun bayi. 

BACA JUGA:Tinggi Asam Folat, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: