dempo

5 Penyebab Baby Blues Syndrome yang Tidak Boleh Disepelekan, Kurang Tidur Salah Satunya

5 Penyebab Baby Blues Syndrome yang Tidak Boleh Disepelekan, Kurang Tidur Salah Satunya

Ilustrasi. Penyebab ibu terkena baby blues syndrome pasca melahirkan --(Sumber : Doc/BETV)

Oleh sebab itu, penting bagi keluarga atau suami untuk mengetahui penyebab baby blues ini agar dapat melakukan tindakan pencegahan atau mengatasinya dengan langkah yang tepat. 

Lantas apa saja penyebab baby blues syndrome ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Tinggi Asam Folat, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil

Penyebab Baby Blues Syndrome

1. Perubahan Hormon

Penyebab pertama yang membuat seseorang terkena baby blues adalah adanya perubahan hormon karena saat melahirkan, tubuh akan mengalami perubahan hormon yang drastis. 

Saat masa tersebut, kadar hormon esterogen dan juga hormon progesteron dalam tubuh akan menurun sehingga menjadi pemicu terjadinya perubahan suasana hati atau mood swing dan juga perasaan lelah dan tertekan. 

BACA JUGA:Bahaya Untuk Ibu Hamil? Inilah Efek Samping Mengkonsumsi Buah Kelengkeng yang Perlu Kamu Ketahui

2. Sulit Beradaptasi

Penyebab selanjutnya yang membuat seorang ibu terkena baby blues adalah karena sulit beradaptasi dengan perubahan yang ada serta tanggung jawab baru sebagai seorang ibu. 

Biasanya ibu baru akan merasa kewalahan karena harus melakukan semuanya sendiri terutama mengurus anak. 

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Leci Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Bayi Lahir Cacat

3. Kurang Tidur

Ibu baru juga biasanya kurang tidur karena siklus tidur bayi belum teratur sehingga ibu harus terjaga di malam hari. Kondisi ini tentunya menyita banyak waktu tidur mereka. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika kurangnya waktu tidur ini apalagi jika terjadi terus menerus menyebabkan ibu kelelahan dan tidak nyaman sehingga memicu gejala baby blues seperti perasaan sedih dan juga mudah tersinggung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: