KPU

Bisa Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak, Ini Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Bisa Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak, Ini Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Ilustrasi. Bisa tidur lebih cepat dan nyenyak, ini cara mengatasi insomnia dengan mudah.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Hal ini bisa dilakukan jika kamu hendak mengatasi insomnia, sebab perlu untuk menghindari minuman berakohol, kopi, teh, dan minuman ringan mengandung kafein terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur.

Jenis minuman tersebut bisa membuat kamu lebih terjaga, sehingga kamu kesulitan untuk tidur di malam hari. Lebih sehat, kamu sebaiknya mengganti minuman itu dengan susu ataupun air putih.

BACA JUGA:5 Tips Tidur Malam Makin Berkualitas, Bangun Pagi Auto Segar dan Bugar

3. Upayakan selalu berpikir positif

Seseorang yang cemas dan merasa khawatir terlalu berlebihan sangat mudah terjadi bagi mereka yang insomnia. Sehingga diperlukan untuk senantiasa berpikir positif, dengan begitu pikiranmu akan lebih merasa tenang.

Selain itu dengan berpikir positif bisa membuat tidurmu jadi lebih mudah. Sebagaimana stres atau depresi ini bisa memicu reaksi yang ada dalam tumbuh sehingga mempengaruhi kualitas tidur.

Saat kurang tidur nyenyak kamu akan merasakan kesulitan untuk keluar dari siklus stres yang berkepanjangan.

BACA JUGA:5 Manfaat Bacakan Buku pada Anak Sebelum Tidur, Bisa Latih Daya Ingat hingga Kembangkan Imajinasi Si Kecil

Selanjutnya jika masih merasa kesulitan, kamu dapat mengonsultasikannya ke psikolog atau psikiater dalam menjalani suatu konseling maupun psikoterapi.

4. Antisipasi adanya perubahan jam tidur saat bepergian dan bekerja

Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia, dengan membuat jadwal tidur cadangan ketika sedang berpergian ataupun bekerja. Oleh karena itu, aturlah jadwal untuk kegiatan kamu sehari-hari dan usahakan agar tidur maupun bangun pada jam yang sama setiap hari.

5. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Menjaga pola makan sangat penting bagi tubuh, dalam hal ini juga berpengaruh untuk mengatasi insomnia. Sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi serta karbohidrat kompleks saat menjelang tidur.

BACA JUGA:Anak Sulit Tidur dan Sering Mengigau? Coba Atasi dengan 7 Cara Ini

Hal ini terjadi karena jenis makanan itu bisa memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat. Selain itu kamu harus menghindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein sebelum tidur, sebab bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: