dempo

Awas! Ini 5 Bahaya Anak Kecanduan Game Online, Bisa Sebabkan Perubahan Mood hingga Insomnia

Awas! Ini 5 Bahaya Anak Kecanduan Game Online, Bisa Sebabkan Perubahan Mood hingga Insomnia

Awas! Ini 5 bahaya anak kecanduan game online, bisa sebabkan perubahan mood hingga insomnia--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Selain hal di atas, masih banyak lagi bahaya anak kecanduan game online yang perlu diketahui oleh orang tua dan menjadi perhatian bagi mereka agar lebih waspada. 

Lantas apa saja bahaya kecanduan game online pada anak ini? Simak informasi lengkapnya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:6 Tips Parenting untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget, Salah Satunya Jadi Contoh yang Baik

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak

1. Perubahan Mood

Hal pertama yang dapat terjadi pada anak jika kecanduan game online adalah adanya perubahan mood yang tentu bersifat negatif dimana game menjadi penentu mood anak. 

Mereka akan merasa kesal dan jengkel saat kalah dan melampiaskan kemarahannya seenaknya seperti memukul-mukul atau berteriak seenaknya hingga menggunakan kata-kata kotor. 

BACA JUGA:6 Bahaya Kecanduan Gadget pada Si Kecil yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bikin Obesitas hingga Gangguan Mata

2. Otak Depan Tidak Berkembang

Bahaya selanjutnya yang dapat ditimbulkan jika anak kecanduan game online adalah otak depan yang tidak berkembang lantaran otak tak akan terstimulasi jika terus bermain game online. 

Hal ini lantaran anak yang sering bermain game akan malas berpikir dan cenderung sulit fokus pada pelajaran sehingga akan menimbulkan penurunan konsentrasi belajar dan berimbas pada prestasi akademik mereka. 

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Nomor 1 Sering Dilakukan

3. Menyebabkan Insomnia

Hal lainnya yang disebabkan oleh kecanduan game online adalah gangguan tidur atau insomnia. Kondisi ini terjadi lantaran anak terlalu lama menatap layar ponsel. 

Oleh sebab itu, produksi hormon melatonin oleh tubuh akan berkurang padahal hormon yang satu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: