dempo

Bahaya Overthinking bagi Kesehatan, Dapat Merusak Mental Anak, Ini yang Akan Dialami

Bahaya Overthinking bagi Kesehatan, Dapat Merusak Mental Anak, Ini yang Akan Dialami

Ilustrasi. Bahaya overthinking bagi kesehatan, dapat merusak mental anak, ini yang akan dialami.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:Tanda Kamu Seorang Victim Mentality, Ini 4 Cara Mengatasi yang Perlu Dilakukan

2. Gangguan Kesehatan

Overthinking yang berlebih akan berdampak pada kesehatan, susah tidur bahkan tidak nafsu makan serta gangguan pencernaan.

Pelepasan kortisol dapat mepengaruhi sistem pencernaan dan dapat memicu kenaikan asam lambung, konstipasi, Irritable Bowel Syndrome (IBS), diare.

Jika sudah akut kamu akan merasa sakit kepala, demam, dan naiknya tekanan darah jika mempunyai riwayat hipertensi. Jangan hanya karena overthinking fisik menjadi lemah dan akhirnya jatuh sakit.

BACA JUGA:5 Perilaku Toxic Orang Tua Ini Dapat Rusak Mental Anak, Ubah Dari Sekarang!

3. Fungsi Jantung Terganggu

Overthinking berlebihan bisa membahayakan kesehatan kardiovaskular. Sakit dada, pusing, merupakan beberapa masalah yang bisa muncul akibat overthinking.

Faktor risiko seperti depresi, penyalahgunaan zat dan kesulitan tidur yang berkaitan dengan kekhawatiran kronis juga bisa menambah masalah. 

Sudah mengetahui dampak dari overthinking yang ternyata sangat merugikan. Pikiran negatif tidaklah salah, hanya saja kamu harus tetap mengontrol itu semua.

BACA JUGA:Bisa Bikin Mental Anak Hancur, Ini 6 Bahaya Toxic Parents pada Anak

Lantas, kapan waktunya kita berhenti memikirkan hal itu, caranya adalah dengan memberi batasan waktu. Karena hanya diri kita sendiri yang bisa mengontrol semua pikiran dan mengendalikannya.

Jika kamu hanya memikirkan hal buruk saja, maka akan buruk sesuatu itu. Namun, bila kamu melatih pikiran untuk berpikiran yang baik-baik saja, maka semua akan baik-baik saja.

Untuk itu, mulailah melatih diri untuk berpikir yang lebih positif, agar diri sendiri tidak dipengaruhi hal yang tidak baik. Sebab, overthinking hadir karena diri tersebutlah yang telalu memikirkannya.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: