Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Ilustrasi. Cara keluar dari hubungan toxic yang harus kamu ketahui.--Sumber foto: (Wab/Alodokter.com)

BETVNEWS - Bagi kamu yang sedang berada di dalam hubungan toxic segara pahami cara keluar dari kondisi tersebut untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan meminta bantuan.

Toxic relationship atau hubungan tidak sehat adalah kondisi dimana sebuah pasangan saling menyakiti di dalam hubungan yang dijalin.

Ada banyak hal yang mengakibatkan suatu hubungan masuk ke dalam katagori hubungan toxic mulai dari adanya kekerasan, selalu dibohongi, terlalu mengekang, perkataan kasar, dan hal-hal menyakitkan lainnya.

Berada di dalam hubungan yang toxic dapat menggangu kesehatan mental, oleh karena itu kamu harus tahu cara keluar dari hubungan toxic demi menjaga kewarasan.

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Harus Diketahui, Salah Satunya Mengalami Kekerasan, Ini 6 Lainnya

Seperti yang diketahui bahwa stres dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, untuk itu jika kamu berada di dalam hubungan tidak sehat segeralah menjauh dan memutuskan hubungan tersebut.

Ada beberapa cara yang wajib kamu coba untuk keluar dari hubungan yang toxic, seperti merhenti menyangkal kalau yang dia lakukan untuk kebaikan kamu. 

Sebagai cotoh, jika pasangan kamu terlalu mengekang dan termasuk sudah mengendalikan kamu jangan anggap hal itu sebuah perhatian karena itu sebuah racun dalam hubungan.

Melansir dari halodoc.com, berikut cara keluar dari hubungan toxic:

BACA JUGA:Kenali 5 Tanda Toxic Relationship Ini, Nomor 2 Sering Dirasakan, Kamu Salah Satunya?

1. Berhenti Menyangkal

Cara keluar dari hubungan toxic yang pertama adalah dengan berhenti menyangkal. Dalam hal ini, kamu tidak boleh terus menyangkal segala perbuatan yang menyakitkan di dalam hubungan.

Seperti yang dicontohkan sebelumnya jika kamu selalu dikontrol sehingga tidak dapat melakukan hal disukai dan diinginkan jangan terus menyangkal dengan menganggap hal tersebut wajar dilakukan sebagai bentuk perhatian pasanganmu.

Artinya, kamu harus lebih peka dan berani menentang apapun hal yang membuat sakit di dalam hubungan. Jika kamu terus menyangkal maka kamu tidak akan pernah bisa keluar dari hubungan toxic tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: