KPU

5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Peran Orang Tua yang Utama

5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Peran Orang Tua yang Utama

Ilustrasi. Cara mencegah anak kecanduan game online --(Sumber : Doc/BETV)

Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak kecanduan game online ini? Berikut informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel ini. 

Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online

1. Berikan Batasan

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak agar tidak kecanduan game online adalah dengan membatasi mereka saat menggunakan ponsel atau bermain game. 

BACA JUGA:Game Online Bikin Candu, Ternyata Ini Penyebabnya, Ketahui Segera dan Cegah Sebelum Terlambat!

Pastikan agar anak tidak bermain lebih dari 2 jam sehari. Selain itu, orang tua juga dapat meletakkan gadget seperti komputer, laptop, atau ponsel di tempat lain yang mudah diawasi oleh orang tua. 

2. Terapkan Rutinitas Sehat

Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak kecanduan game online adalah dengan memberikan rutinitas sehat dengan aktivitas lain alih-alih bermain game. 

BACA JUGA:Awas! 5 Bahaya Ini Incar Anak yang Kecanduan Game Online, Buat Anak Jadi Agresif

Orang tua dapat mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti dengan merapikan kamar, mengajak anak untuk melakukan olahraga ringan, atau membaca buku. 

3. Melakukan Terapi Perilaku Kognitif

Orang tua juga dapat menerapkan terapi perilaku kognitif agar dapat mengatasi perilaku adiktif pada anak untuk dapat membantu mengatasi kecanduan game online pada mereka. 

BACA JUGA: Deteksi Sejak Dini! Ini 5 Tanda Anak Kecanduan Game Online

Tidak hanya itu, orang tua juga dapat meminta kepada psikolog untuk dapat merujuk pada terapis yang berpengalaman untuk mengobati anak yang kecanduan game online ini denga terapi kognitif. 

4. Awasi Anak Saat Bermain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: