KPU

5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Peran Orang Tua yang Utama

5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Peran Orang Tua yang Utama

Ilustrasi. Cara mencegah anak kecanduan game online --(Sumber : Doc/BETV)

Hal yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengawasi anak saat tengah bermain alih-alih melarang anaknya untuk bermain game online. 

BACA JUGA:Terbaik, Ini 5 Rekomendasi HP Gaming Harga Mulai 2 Jutaan, Main Game Langsung Lancar, Cek Spesifikasi di Sini

Pengawasan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa yang dimainkan oleh anak dan agar mereka tidak sampai kehilangan interaksi dengan orang sekitar. 

5. Tunjukkan Sikap Tegas

Cara berikutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak kecanduan game online adalah dengan menunjukkan sikap tegas pada anak. 

BACA JUGA:Si Kecil Kecanduan Gadget? Cegah dengan 6 Cara Mudah Ini, Coba Ajak Anak Lakukan Aktivitas Lain

Biasanya anak akan terus bermain gadget dan mengulur waktu bahkan menunjukkan sikap tantrum. Jika hal ini terjadi, sebaiknya orang tua jangan memanjakan mereka dengan membiarkannya untuk terus bermain. 

Sebaiknya orang tua bersikap tegas pada anak dengan menolak hal tersebut. Ajak anak untuk melakukan aktivitas lain agar pikirannya tidak terpusat pada permainan. 

BACA JUGA:Bikin Khawatir, 6 Bahaya Ini Intai Si Kecil yang Kecanduan Gadget, Apa Saja?

Demikian 5 cara mencegah anak kecanduan game online yang bisa diterapkan oleh orang tua. Pastikan untuk terus konsisten agar kamu dapat mencegah mereka kencanduan game ini. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: