KPU

7 Manfaat Buah Apel bagi Kecantikan, Salah Satunya Cerahkan Wajah Secara Menyeluruh

7 Manfaat Buah Apel bagi Kecantikan, Salah Satunya Cerahkan Wajah Secara Menyeluruh

Ilustrasi. Manfaat apel untuk kecantikan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Buah apel menyimpan berbagai manfaat kecantikan untuk wajah, salah satunya mencerahkan, yuk simak ulasannya di sini.

Diketahui, buah apel berasal dari Asia Tengah dan dapat tumbuh subur di dataran tinggi. 

Malus atau apel sangat populer di berbagai negara termasuk Indonesia, hal tersebut karena apel memiliki rasa manis dan segar.

Tidak hanya lezat, buah apel mengandung banyak vitamin yang bisa menutrisi wajah sehingga menjadi tampak lebih sehat, glowing dan awet moda.

BACA JUGA:Begini Cara Membuat dan Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu, Yuk Intip

Adapun kandungan yang dimaksud adalah vitamin C, potasium, dan banyak sifat antioksidan yang berkerja secara aktif mengatasi berbagai permasalahan di wajah mulai dari kulit kusam, jerawat, dan hingga keriput.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi atau menjadikan buah apel sebagai masker, toner, scrub yang dipormulasikan sebagai produk perawatan kulit wajah.

Melansir dari halodoc.com, berikut manfaat buah apel untuk wajah:

BACA JUGA:Bikin Tampak Lebih Muda 10 Tahun! Ini 8 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Nomor 7 Membantu Mengencangkan Kulit

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat buah apel yang pertama adalah dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Mengkonsumsi buah apel dapat meningkatkan elastisitas kulit, hal ini karena buah apel mengandung kolagen. Tidak hanya itu, buah apel juga dapat menenangkan kondisi kulit yang mengalami iritasi.

2. Menghidrasi Kulit

Manfaat buah apel selanjutnya adalah dipercaya mampu menghidrasi kulit dan membersikan kulit sehingga menjadi lebih sehat. Masker dari buah apel dapat mengangkat sel kulit mati hingga bisa digunakan untuk menjadi exfoliator.

BACA JUGA:Simak Manfaat dan Cara Membuat Toner Cuka Apel di Sini, Efektif Bikin Glowing dalam Semalan

Caranya sangat mudah, kamu cukup haluskan buah apel kemudian tempelkan ke wajah selama 15 menit hingga sari apel mengering, lalu terakhir cuci dengan air hingga bersih.

3. Anti Penuaan

Penggunaan apel sebagai masker juga dapat menangkis penuaan dini. Hal ini karena kandungan pada apel dipercaya dapat membantu menyingkirkan kulit kusam. 

Di sisi lain, mengkonsumsi apel dapat memberikan manfaat sebagai penghilang garis-garis halus dan kerutan.

BACA JUGA:10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Nomor 6 Belum Banyak yang Tahu, Yuk Cek

4. Perlindungan UV

Masker dari buah apel juga dapat memberikan perlindungan kulit dari sinar UV. Kandungan partikel UVB yang terdapat pada buah apel dapet melindungi wajah dari sengatan sinar matahari yang terik. 

Tidak hanya itu, penggunaan buah apel sebagai masker juga dapat mencegah pengelupasan pada kulit.

Caranya sangat mudah, kamu cukup haluskan apel dan tempelkan sarinya ke muka lalu diamkan selama 15 menit kemudian cuci wajah dengan air dingin hingga bersih.

BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Cuka Apel untuk Diet, Minuman Rendah Kalori yang Bisa Serap kelebihan Lemak Tubuh

5. Menghilangkan Jerawat

Selain melindungi wajah dari sianar UV, penggunaan buah apel sebagai masker juga dapat mengatasi permasalahan jerawat. Tidak hanya itu, kandungan yang terdapat pada buah apel dipercaya ampuh mengangkat noda hitam, bintik-bintik gelap dan membuat wajah tampak lebih cerah.

Cara penggunaanya, cukup haluskan buah apel kemudian campurkan dengan krim susu lalu oleskan pada wajah selama 10-15 menit kemudian cuci dengan air hingga bersih, lakukan 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih optimal.

BACA JUGA:Cuka Apel Punya 8 Manfaat untuk Wajah, Salah Satunya Membantu Menghilangkan Flek Hitam, Yuk Cek yang Lainnya

6. Dapat Dijadikan Toner

Selain menjadi masker, buah apel dapat menjadi toner yang mengatasi berbagai permaslahan kulit wajah. Toner dari buah apel adalah cuka apel, olahan dari sari buah satu ini dapat mengencangkan kulit merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit.

Tak hanya itu, cuka sari apel juga membantu membersihkan pori-pori kulit dari patogen dan minyak yang dapat memicu jerawat. Cuka apel juga mampu menyeimbangkan tingkat pH kulit, sehingga memungkinkan kulit untuk membatasi produksi minyak yang berlebihan. 

BACA JUGA:Rendah Kalori dan Serap Kelebihan Lemak Tubuh, Ini Manfaat Konsumsi Cuka Apel untuk Diet

7. Mengandung Banyak Vitamin C

Mengkonsumsi buah apel dapat meningkatkan asupan vitamin C. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang karena berperan dalam pembentukan kolagen yang merupakan komponen struktural penting dari kulit yang membantu menjaga penghalang tahan air kulit. 

Demikian manfaat dari buah apel untuk wajah. Bagi kamu yang memiliki permasalahan pada wajah seperti yang disebutkan di atas, yuk coba dan buktikan sendiri manfaat dan khasiat dari buah apel. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: