dempo

Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Ini 5 penyebab yang bikin seseorang punya sisi manipulatif, ada apa saja?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Pola asuh menjadi hal yang sangat menentukan tumbuh kembang anak sehingga tidak heran jika pola asuh ini juga berpengaruh untuk menentukan apakah anak tumbuh dengan sifat manipulatif atau tidak. 

BACA JUGA:Hati-hati! 5 MBTI Ini Memiliki Sifat Manipulatif, Jangan Sampai Tertipu

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk berhati-hati dalam memberikan pola asuh dan memastikan untuk tidak menciptaan karakter manipulatif pada anak saat ia tumbuh dewasa nanti. 

2. Merasa Dominan dalam Hubungan

Penyebab lainnya yang menyebabkan seseorang memiliki sifat manipulatif adalah karena dirinya merasa dominan di dalam sebuah hubungan sehingga dirinya akan memegang peran pengontrol di dalam suatu hubungan. 

BACA JUGA:5 Zodiak Paling Red Flag Dalam Suatu Hubungan, Jago Playing Victim dan Manipulatif, Sangat Toxic!

Oleh sebab itu, ia akan merasa lebih superior dibandingkan dengan pasangannya sehingga akan menyebabkan dia menjadi bersikap manipulatif agar posisinya tidak tergeser oleh pasangan. 

3. Memiliki Gangguan Kepribadian

Sikap manipulatif juga dapat disebabkan oleh adanya gangguan kepribadian pada seseorang seperti borderline personality disorder atau juga narsisme yang berlebihan.

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Biasanya gangguan kepribadian ini membuat mereka akan memanfaatkan orang lain dan juga membuat seseorang tersebut menjadi merasa bersalah. 

4. Pengalaman Masa Lalu

Pengalaman masa lalu juga dapat menyebabkan seseorang menjadi manipulatif, seperti pengalaman buruk berupa pelecehan atau kekeerasan. 

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mudah Atasi Trust Issue, Cukup Percaya pada Diri Sendiri

Kondisi ini akan menyebabkan mereka memiliki trayuma dan bisa merasa gugup serta tidak aman dalam mengkomunikasikan keinginannya sehingga sifat manipulatif akan berkembang di dalam diri mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: