dempo

Anak Alami Diabetes? Tangani dengan 3 Cara Ini, Pastikan Kadar Gula Darah Terkontrol

Anak Alami Diabetes? Tangani dengan 3 Cara Ini, Pastikan Kadar Gula Darah Terkontrol

Anak alami diabetes? Tangani dengan 3 cara ini, pastikan kadar gula darah terkontrol--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara mengatasi diabetes pada anak merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bagi para orang tua sehingga mereka memerlukan usaha ekstra untuk melakukannya. 

BACA JUGA:Kasus Meroket hingga 70 Kali Lipat, Segera Cegah Diabetes pada Anak dengan Cara Ini

Anak yang mengalami diabetes ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, entah itu karena keturunan atau karena pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi gula berlebih. 

Terdapat dua tipe diabetes dan tipe 1 menjadi tipe yang paling sering terjadi pada anak-anak

BACA JUGA:7 Pemicu Diabetes pada Anak, Hindari Mulai Sekarang ya Bunda!

Biasanya diabetes tipe 1 terjadi pada anak yang tubuhnya tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula di dalam darah dan penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.  

Namun diabetes ini dianggap terjadi akibat adanya kelainan autoimun yang menyebabkan fungsi pankreas menjadi terganggu sehingga gula di dalam darah tidak terkontrol. 

BACA JUGA:Bunda, Kenali Tanda Diabetes pada Anak Melalui 7 Gejala Ini

Kandungan gula darah yang terlalu tinggi ini nantinya akan membuat kerja organ di dalam tubuh menjadi terganggu sehingga orang tua biasanya mengatasi hal ini dengan memberikan suntikan insulin ke tubuh anak. 

Sementara itu, diabetes tipe 2 pada anak menjadi penyakit yang kronis serta memerlukan perawatan khusus. penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa meski juga dapat dialami oleh anak yang berusia di atas 10 tahun atau telah memasuki usia remaja. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Diabetes yang Aman Dilakukan, Terapkan Pola Makan Sehat Salah Satunya

Biasanya diabetes tipe 2 pada anak ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor keturunan, anak yang memiliki kelebihan berat badan, anak yang jarang berolahraga serta sering mengonsumsi makanan tinggi gula. 

Jika anak sampai terkena diabetes, kondisi ini sebenarnya tidak dapat lagi disembuhkan melainkan ditangani dan pengobatan agar kondisi ini dapat terkendali. 

BACA JUGA:5 Penyebab Diabetes pada Anak, Tidak Produksi Insulin Salah Satunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: