dempo

7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

Ilustrasi. 7 tanda perilaku gaslighting yang perlu kamu ketahui, salah satunya suka memutarbalikkan fakta--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Hal ini nantinya akan membuat korban mulai merasa bingung dan juga mempertanyakan kebenaran yang sesungguhnya. 

3. Mengalihkan Kesalahan

Orang yang menjadi pelaku gaslighting jjuga seringkali mengalihkan kesalahannya pada orang lain dengan cara memelintir kesalahan ke pihak korban dan playing victim. 

BACA JUGA:Kenali Perilaku Manipulatif dalam Hubungan yang Bisa Sebabkan Masalah Mental, Apa Itu?

Pelaku gaslighting ini akan memanipulasi situasi hingga sedemikian rupa dan membuat korban akan merasa pecaya jika dialah yang menjadi penyebab perilaku buruk pelaku. 

4. Memutarbalikkan Fakta

Pelaku gaslighting juga seringkali menggunakan taktik ini jika korban tengah mendiskusikan apa yang terjadi di masa lalu untuk menguntungkan diri mereka. 

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah! Ini 5 Cara Hadapi Orang dengan Sikap Manipulatif

Mereka akan menceritakan cerita versi mereka secara terus menerus dan berulang ulang hingga membuat korban lama kelamaan meragukan ingatan atas apa yang terjadi. 

5. Mengalihkan Perhatian

Bukan hanya memutarbalikkan fakta, pelaku gasl8ighting juga biasanya akan mencoba mengalihkan perhatian dan juga mengubah pembicaraan dan menghindari topik permasalahan yang dinilai tidak menguntungkan untuknya. 

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Bukan hanya itu, mereka juga akan meremehkan emosi yang kamu rasakan dan menyebutkan kata-kata kosong seperti "tenang", "tidak perlu khawatir", "tidak perku berlebihan" dan juga kalimat-kalimat serupa lainnya. 

Hal ini dapat membuat korban pada akhirnya akan meragukan diri sendiri dan merasa jika apa yang terjadi adalah salah mereka. 

BACA JUGA:Mengenal Sifat Manipulatif dalam Hubungan, Bisa Sebabkan Trauma hingga Masalah Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: