dempo

7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

Ilustrasi. 7 tanda perilaku gaslighting yang perlu kamu ketahui, salah satunya suka memutarbalikkan fakta--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda gaslighting pada diri seseorang agar kamu dapat menghindari orang-orang dengan perilaku yang satu ini. 

Lantas apa saja tanda perilku gaslighting pada diri seseorang? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Terjebak dengan Rekan Manipulatif? Ini 5 Cara Menghadapinya

Tanda Periaku Gaslighting

1. Meremehkan Perasaan Orang Lain

Tanda pertama yang dapat terlihat pada pelaku gaslighting adalah mereka yang seringkali meremehkan perasaan orang lain dan menganggap jika mereka terlalu sensitif. 

Biasanya pelaku gaslighting ini akan mengecilkan perasaan pasangan atau korban lainnya dan menyalahkan kecurigaan mereka meski kondisi ini bisa saja merupakan kondisi nyata. 

BACA JUGA:Hubungan Buruk di Masa Lalu Bisa Bikin Kamu Jadi Manipulatif, Cek Penyebab Lainnya di Sini

Bukan hanya itu, pelaku gaslighting ini duga dapat membuatmu merasa tidak nyaman dengan caranya bergurau. Dan jika kamu mengungkapkan perasaan itu, dia hanya akan menjawab jika yang dikatakannya hanyalah lelucon dan kamu tidak sepantasnya marah. 

2. Sering Berbohong

Pelaku gaslighting juga biasanya sering berbohong untuk mencapai tujuannya. Bahkan mereka akan cenderung menganggap jika kebohongan merupakan hal yang biasa. 

BACA JUGA:7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Pelaku gaslighting ini akan berbohong secara terang-terangan bahkan hingga merubah cerita mereka jika kebohongan tersebut akhirnya terbukti hanya merupakan kebohongan saja. 

Oleh sebab itum berbohong merupakan dasar dari perilaku gaslighting sehingga mereka akan tetap melakukan kehobinga dan berusaha untuk meyakinkan meski orang lain telah menyadari kebohongan tersebut. 

BACA JUGA:Love Bombing Ternyata Jadi Salah Satu Jenis Perilaku Manipulatif, Cek 5 Jenis Lainnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: