dempo

Love Bombing Ternyata Jadi Salah Satu Jenis Perilaku Manipulatif, Cek 5 Jenis Lainnya di Sini

Love Bombing Ternyata Jadi Salah Satu Jenis Perilaku Manipulatif, Cek 5 Jenis Lainnya di Sini

Ilustrasi. Jenis-jenis perilaku manipulatif yang perlu diketahui--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Jika kamu pernah mengalami love bombing, kamu perlu tahu jika hal tersebut merupakan salah satu jenis-jenis perilaku manipulatif yang dilakukan di dalam suatu hubungan

BACA JUGA:Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri, Ini 6 Ciri Lain dari Hubungan Toxic yang Harus Diketahui

Mengetahui hal ini, termasuk jenis manipulatif merupakan hal yang sangat penting agar kamu dapat menghindari atau keluar dari hubungan tersebut sebelum terlambat. 

Sifat manipulatif ini sayangnya seringkali tidak disadari oleh para korban yang mengalami hal tersebut hingga mereka merasakan masalah mental dan emosional di kemudian hari. 

BACA JUGA:5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic, Berhenti Menyangkal hingga Atasi Perasaan Bersalah yang Dirasakan, Yuk Coba

Manipulatif merupakan salah satu perilaku buruk yang merugikan orang lain lantaran akan membuat orang lain merasa bersalah dan mempertanyakan dirinya sendiri. 

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan romantis, hubungan pertemanan, hingga hubungan pekerjaan. 

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Kamu tidak boleh meremehkan perilaku manipulatif lantaran perilaku ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan sehingga penting untuk mengenali perilaku untuk lebih jauh agar dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Harus Diketahui, Salah Satunya Mengalami Kekerasan, Ini 6 Lainnya

Korban manipulatif ini juga sering merasa tidak yakin tentang apa yang harus mereka rasakan atau pikirkan, mereka juga akan meminta maaf atas sesuatu yang bahkan bukan merupakan kesalahan mereka. 

Beberapa alasan yang menyebabkan seseorang berperilaku manipulatif adalah seperti untuk melindungi ego mereka, mendapatkan apa yang mereka inginkan dan juga menghindari tanggung jawab serta konsekuensi atas tindakan mereka. 

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: