dempo

7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

Ilustrasi. 7 tanda perilaku gaslighting yang perlu kamu ketahui, salah satunya suka memutarbalikkan fakta--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting untuk mengetahui tanda perilaku gaslighting pada seseorang agar kamu dapat melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi hal ini. 

BACA JUGA:Mengenal Gaslighting, Perilaku Toxic yang Serang Psikologis Seseorang, Pernah Alami?

Gaslighting sediri merupakan salah satu bentuk manipulasi psikologis yang dapat menyebabkan keresahan dan juga kecemasan pada korbannya sehingga membuat mereka merasa ragu terhadap dirinya sendiri. 

Gaslighting ini merupakan tindakan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam hubungan romantis dengan pasangan, hubungan keluarga, hubungan pertemanan hingga hubungan sesama rekan kerja. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Bukan hanya itu, gaslighting juga dikenal sebagai salah satu bentuk manipulasi yang biasanya terjadi di dalam hubungan yang tidak sehat atau dikenal juga dnegan istilah abusive relationship. 

Sementara itu, seperti yang dilansir dari laman Good Therapy, gaslighting merupakan jenis kekerasan emosional yang berbahaya dan terkadang bersifat terselubung. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Perilaku ini menyebabkan korban mempertanyakan penilaian dan juga kenyataan diri sendiri sehingga pada akhirnya korban gaslighting ini akan mulai tidak percaya dengan dirinya sendiri. 

Korban yang mengalami gaslighting ini seringkali tidak sadar jika mereka telah dicuci otak lantaran tindakan ini biasanya dilakukan secara perlahan dan bertahap. 

BACA JUGA:Pernah Dengar Gaslighting? Ini Makna hingga Cara Mengatasinya, Hati-hati Jika Bertemu

Perilaku gaslighting umumnya terjadi pada sebuah hubungan romatis seperti dalam hubungan pacaran dan juga pernikahan, namun hal ini juga dapat terjadi dalam pertemanan maupun keluarga. 

Para pelaku gaslighting menggunakan hal ini untuk mendapatkan kekuasaan atas orang lain dengan cara memanipulasi anggota keluarga, pasangan, teman, hingga rekan kerja mereka. 

BACA JUGA:Tanda-tanda hingga Cara Atasi Gaslighting, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: