dempo

Terjebak dengan Rekan Manipulatif? Ini 5 Cara Menghadapinya

Terjebak dengan Rekan Manipulatif? Ini 5 Cara Menghadapinya

Ilustrasi. Cara menghadapi sifat manipulatif dalam hubungan--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Beberapa orang mungkin akan merasa bingung untuk mencari cara menghadapi sifat manipulatif karena sifat yang satu ini memang sulit untuk dihadapi. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri, Ini 6 Ciri Lain dari Hubungan Toxic yang Harus Diketahui

Meski demikian, hal tersebut tidak lantas berarti kamu tidak menghadapi mereka dan harus pasrah begitu saja serta menjadi korban mereka. 

Menghadapi orang yang manipulatif adlaah sebuah keterampilan yang perlu dimiliki untuk dapat melindungi diri sendiri termasuk untuk menghindari penipuan dan juga menjaga kesehatan hubungan

BACA JUGA:5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic, Berhenti Menyangkal hingga Atasi Perasaan Bersalah yang Dirasakan, Yuk Coba

Manipulatif sendiri merupakan tindakan buruk yang merugikan orang lain lantaran akan membuat orang lain merasa bersalah dan mempertanyakan dirinya sendiri. 

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan, baik di dalam hubungan percintaan, hubungan pertemanan, maupun hubungan dalam dunia kerja. 

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Tindakan yang satu ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan sehingga penting untuk mengenali perilaku untuk lebih jauh agar dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

Orang yang memiliki sifat manipulatif akan memanfaatkan orang lain dalam rangka untuk memperoleh keuntungan untuk dirinya sendiri dan merugikan korbannya. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Harus Diketahui, Salah Satunya Mengalami Kekerasan, Ini 6 Lainnya

Untuk dapat menghadapi orang dengan sifat ini, kamu memerlukan ketegasan, kepercayaan diri, dan juga keterampilan komunikasi yang baik. 

Bukan hanya itu, kamu juga perlu belajar untuk dapat mengenali kelemahan pribadi yang bisa dimanfaatkan oleh manipulator dan memperkuat kelemahan tersebut agar tidak digunakan sebagai senjata. 

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: