dempo

Tak Selamanya Buruk, Ini 3 Dampak Positif Strict Parents pada Anak

Tak Selamanya Buruk, Ini 3 Dampak Positif Strict Parents pada Anak

Ilustrasi. Tak selamanya buruk, ini 3 dampak positif strict parents pada anak--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Bukan hanya berefek buruk, terdapat juga dampak positif strict parents pada anak yang dapat bermanfaat untuk kehidupan mereka nantinya. 

BACA JUGA:Kenali Istilah Strict Parents, Pola Asuh Penuh Tuntutan yang Bikin Anak Terkekang, Apa Dampaknya?

Dampak positif inilah yang menjadi alasan mengapa orang tua menganggap jika pola asuh ini akan sangat berguna bagi anak=anak mereka di dalam sebuah keluarga

Strict parents sendiri merupakan sebuah pola pengasuhan ketat dari orang tua sehingga melibatkan berbagai aturan dan juga pembatasan yang kaku pada anak. 

BACA JUGA:6 Ciri Strict Parents yang Paling Sering Ditemui, Salah Satunya Terlalu Menuntut

Pembatasan yang diberlakukan ini bisa merupa perilaku, pilihan, aktivitas, ideologi yang dipegang, hingga rutinitas harian yang dilakukan oleh anak. 

Orang tua strict parents juga seringkali menggunakan jenis pola asuh otoriter akan memberikan banyak aturan ketat yang harus dipahami oleh anak. 

BACA JUGA:4 Tipe Parenting pada Anak, Ada Otoritatif hingga Pola Asuh Tak Terlibat, Kamu yang Mana?

Tidak hanya itu, orang tua ini biasanya juga akan menaruh espektasi yang tinggi pada anak mereka sehingga akan membuat anak merasa tertekan dan khawatir tidak bisa memenuhi espektasi orang tua tersebut. 

Bahkan strict parents juga seringkali menerapkan hukuman tertentu pada anak mereka, hukuman ini mengikuti aturan yang telah dibuat. 

BACA JUGA:6 Bahaya Toxic Parents yang Wajib Diketahui, Bisa Bikin Anak Rendah Diri

Banyak orang tua menerapkan pola asuh yang satu ini dengan harapan agar anak menjadi disiplin dan penuh tanggung jawab, namun mereka tanpa sadar seringkali menerapkannya secara berlebihan. 

Meski banyak pro kontra terhadap pola asuh yang satu ini, namun ternyata strict parents memang memiliki beberapa dampak positif yang bisa di ambiil. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! 7 Dampak Toxic Parents Ini Fatal untuk Anak, Bisa Tulari Anak di Masa Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: