dempo

Pemkab Seluma Pastikan Tahun Ini Kecamatan Ulu Talo dan Ulu Alas Merdeka Sinyal

Pemkab Seluma Pastikan Tahun Ini Kecamatan Ulu Talo dan Ulu Alas Merdeka Sinyal

Asisten II Bidang perekonomian dan Pembaguban Setdakab Selum,a Almedian Saleh--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kerja sama Pemerintah Kabupaten Seluma dan Telkomsel dalam memperkuat dan memperluas jaringan internet di titik blank spot di Kabupaten Seluma terus dilakukan.

Usai Tower Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel didirikan di Tebing Durian Desa Air Keruh, saat ini Pemkab Seluma dan Telkomsel berencana membangun BTS di Desa Pagar Banyu dan Hargo Binangun Kecamtan Ulu Talo.

BACA JUGA:Masih Banyak Titik Blank Spot, Legislator Berharap Seluma Merdeka Sinyal

Asisten II Bidang perekonomian dan Pembaguban Setdakab Seluma Almedian Saleh mengatakan dengan adanya pembagunan BTS di wilayah Ulu Talo yang merupakan titik blank spot diharapakan wilayah tersebut dapat merdeka sinyal.

"BTS di Tebing Durian sudah didirikan, rencananya BTS di Desa Pagar Banyu juga akan kita dirikan BTS, kemudian di Hargo Binagun BTS yang sudah ada kita akan lakukan perbaikan," kata Almedian Saleh, Jumat 5 Juli 2024.

Sementara itu terkait BTS di Tebing Durian yang telah didirikan, saat ini tengah tahap uji coba sinyal menggunakan mesin Genset, dalam uji coba bahwa radius jaringan internet  tersebut mencapai 2 kilometer. 

BACA JUGA:Minim Mesin Penggiling Gabah, DKP Seluma Usulkan 3 Unit Tahun Ini

"Internetnya sudah aktif, hanya saja sekarang masih tahapan uji coba, jadi kekuatan jaringan belum terlalu kuat, karena  suber listrik yang digunakan masih menggunakan generator setrum (ginset), kemudian generator tersebut tidak hidup selama 24 jam.Dalam waktu dekat ini PLN akan memasang travo untuk arus listrik," jelasnya. 

Dijelaskan untuk memaksimalkan ketersediaan jaringan internet di Kecamatan ulu talo, di tahun 2024 ini pemerintah Kabupaten Seluma bekerja dengan pihak PT Telkomsel juga akan meletakkan satu unit Compact Mobile BTS (Combat) di Desa Pagar Banyu dan memasang Repeater untuk memperluasan jaringan sinyal internet.

BACA JUGA:Ada 2.467 Pemilih Pemula di Seluma Belum Punya KTP

Dengan adanya tower BTS tersebut, sambung Almedian Saleh, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat sekitar untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah Daerah dalam  menjaga dan merawat tower tersebut.  Bahka disekitar BTS akan dipasang CCTV.

"Tower yang saat ini didirikan itu jauh dari pemukiman, untuk itu sekiranya masyarakat sekitar dapat menjaga dan tower tersebut dari tanggan-tanggan jahil. Biar perlu kita pasang CCTV, " terang Almedian. 

Kemudian Pemda Seluma menargetkan di Tahun 2024 ini, Kecamatan Ulu Talo dan wilayah Ulu Alas merdeka jaringan internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: