KPU

Kasus DBD di Provinsi Bengkulu Menurun Drastis 4 Minggu Terakhir, Hanya Tersisa 669 Kasus

Kasus DBD di Provinsi Bengkulu Menurun Drastis 4 Minggu Terakhir, Hanya Tersisa 669 Kasus

Kepala Bidang Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas kesehatan Provinsi Bengkulu, Ruslian S.KM, M.Si, Sabtu 6 Juli 2024.--(Sumber Foto: Imron/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan Provinsi BENGKULU menyebut, kasus demam berdarah dengue (DBD) menurun drastis sebanyak 1.918 kasus, sehingga saat ini hanya tersisa 669 kasus pada minggu ke-25.

Sebelumnya, pada minggu ke-21 mencapai 2.587 kasus, dimana terbanyak ada di Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Sambangi Warga Terdampak Banjir, Bupati Seluma Bagikan Bantuan Tanggap Darurat

"Dari hasil data yang sudah kami kumpulkan, kasus DBD di Provinsi Bengkulu sengat menurun drastis dimana minggu ke-21 ada 2.587 kasus hingga minggu ke-25 hanya tersisa 669 kasus, berarti berkurang 1.918 kasus selama 4 pekan terakhir," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Moh. Redhwan Arif, S. Sos MPH melalui Kepala Bidang Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas kesehatan Provinsi Bengkulu, Ruslian S.KM, M.Si, Sabtu 6 Juli 2024.

BACA JUGA:74 Personel Tagana Dinsos Kota Bengkulu Diterjunkan Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Lanjut Ruslian, hal ini berdasarkan data SKDR (Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon) puskesmas dan rumah sakit oleh tenaga kesehatan.

Dari data SKDR tersebut kasus terbanyak ditemukan di Kabupaten Rejang Lebong disusul Kabupaten Bengkulu Selatan dan yang paling sedikit ada di Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Bupati Seluma Optimis Tuntaskan Pembangunan di Wilayah 'Empat Ulu'

"Minggu ke-21 di bulan Juni kemarin kasus terbanyak ditemukan di Kabupaten Seluma dengan 482 kasus, Namun di minggu ke-25 bulan Juli kasus terbanyak ada di Kabupaten Rejang Lebong dengan 110 kasus, disusul Kabupaten Bengkulu Selatan 95 kasus, Seluma 87 kasus, Kepahiang 83 kasus, Kota Bengkulu 80 kasus, Bengkulu Utara 63 kasus, Lebong 58 kasus, Bengkulu Tengah 40 kasus, Mukomuko 29 kasus, dan terakhir Kaur dengan 24 kasus," jelas Ruslian. 

BACA JUGA:Kehadiran Menparekraf RI di Festival Tabut Diharapkan Tarik Wisatawan Luar Bengkulu

Bahkan, kata Ruslian, sudah ada 7 kasus kematian akibat penyakit demam berdarah dengue di Provinsi Bengkulu dari bulan Januari sampai Juli 2024.

"Terhitung dari minggu pertama di bulan Januari ada 1 kasus, bulan Februari ada 3 kasus, dan bulan Maret ada 3 kasus. Bulan April hingga Juli Alhamdulillah belum ada laporan yang masuk. Untuk kasus yang meninggal dari hasil laporan, itu ada di Kabupaten Seluma 3 orang, Mukomuko 1 orang, Lebong 1 orang, Bengkulu Selatan 1 orang, dan Kota Bengkulu Bengkulu 1 orang," ujarnya saat wawancara dengan BETVNEWS.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Berjam-jam, 24 Titik di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Dalam empat minggu terakhir, suspek Demam Dengue sudah terlihat menurun  drastis di minggu-minggu sebelumnya hingga minggu ke-25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: