dempo

FIM Bersama BPBD dan Basarnas, Selamatkan Pengunjung Wisata Lemo Nakai Nyaris Tenggelam

FIM Bersama BPBD dan Basarnas, Selamatkan Pengunjung Wisata Lemo Nakai Nyaris Tenggelam

Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Bengkulu bersama Basarnas dan BPBD menggelar simulasi kesiapsiagaan kebencanaan dan pemberdaya desa di Wisata Lemo Nakai Desa Batu Raja Rejang, Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu utara pada Selasa 9 Juli 2024.--(Sumber Foto: Aap/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Bengkulu bersama Basarnas dan BPBD menggelar simulasi kesiapsiagaan kebencanaan dan pemberdaya desa di Wisata Lemo Nakai Desa Batu Raja Rejang, Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu utara pada Selasa 9 Juli 2024.

Simulasi diikuti sebanyak 26 orang, dilaksanakan dalam rangka program Desa Berdaya PLN.

BACA JUGA:PLN UPDK Bengkulu Gelar Aksi Bersih Taman Konservasi Puspa Langka di Kepahiang

Selaku Person in Charge (PIC) program Desa Pemberdaya PLN, Dimas Heriyadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian pelatihan kesiapsiagaan bencana dan sebagai persiapan desa pemberdaya.

"Pemberdayaan desa ini, seperti mengembangkan potensi wisata desa. Salah satunya dengan memberikan simulasi kesiapsiagaan bencana di wisata Lemo Nakai, yang berada di Desa Batu Raja Rejang Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara," kata Dimas.

BACA JUGA:Masyarakat Bisa Ajukan Gugatan kepada PLN Terkait Pemadaman Listrik di Bengkulu

Dalam hal ini, melibatkan BPBD Kabupaten Bengkulu Utara, Basarnas Provinsi Bengkulu dan lembaga desa setempat. 

"Desa Batu Raja Rejang dipilih menjadi kegiatan kesiapsiagaan bencana karena memiliki potensi pertanian, perkebunan hingga wisata yang baik. Diharapkan agar wisata Lemo Nakai memiliki kesiapan menjadi wisata terbaik di kabupaten maupun di tingkat Provinsi Bengkulu kedepannya," harap Dimas.

BACA JUGA:Kantor PLN Bintuhan Kaur Digeruduk Massa, Warga: Listrik Padam Terus!

Sementara itu, perwakilan Basarnas Provinsi Bengkulu Meki Suhendi mengaku mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Forum Indonesia Muda Regional Bengkulu.

"Antusias dalam melaksanakan simulasi kesiapsiagaan kebencanaan. Salah satunya memberikan pertolongan pertama terhadap korban tenggelam dan water rescue," kata Meki.

(Aap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: