dempo

Lakukan 6 Cara Ini untuk Cegah Batuk, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Lakukan 6 Cara Ini untuk Cegah Batuk, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Ilustrasi. Cara mencegah batuk.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengkonsumsi vitamin C menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah batuk, simak penjelasannya di sini.

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi sebagai respon alami tubuh karena adanya benda asing di dalam tenggorokan. Masalah kesehatan satu ini menimbulkan gejala berupa gatal tenggorokan, nyeri dada, pusing, mual, hingga demam.

Diketahui, penyebab utama batuk adalah infeksi bakteri atau virus dari berbagai hal, baik polusi, makanan, atau pola hidup yang kurang sehat.

BACA JUGA:9 Manfaat Paprika Hijau untuk Kesehatan, Sumber Nutrisi Baik Bagi Tubuh

Salah satu cara mencegah batuk adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa batuk umumnya diakibatkan dari bakteri atau virus.

Virus dan bakteri dapat menyerang kapan saja. Oleh karena itu penting mengkonsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat menahan serangan bakteri penyebab batuk.

Selain itu, menggunakan masker saat beraktivitas atau berpergian, mencuci tangan, menghindari makanan berlemak, rokok, dan tidak berbaring setelah makan juga termasuk cara mencegah batuk yang mudah dilakukan.

Melansir dari alodokter.com, berikut cara mencegah batuk yang mudah dilakukan:

BACA JUGA:Mampu Lawan Peradangan, Sayur Pakcoy Tawarkan 8 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

1. Rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

Cara mencegah batuk yang mudah dilakukan pertama adalah dengan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. 

Hal tersebut karena batuk biasanya disebebkan oleh bakteri, seperti yang diketahui bahwa tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan mengangkut bakteri karena terus bersentuhan dengan benda lain.

Kuman dan bakteri yang menempel di tangan tapat hinggap di organ tubuh lainnya tak terkecuali tenggorokan. Bakteri yang bersemayam di tenggorokanlah menyebabkan batuk.

Selain itu, bakteri tersebut juga membuat tenggorokan menjadi kurang nyaman, karena terasa gatal dan sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: