dempo

Korsupgah KPK Dorong Pencegahan Korupsi dari Skala Kecil Saat Audensi Gubernur Rohidin

Korsupgah KPK Dorong Pencegahan Korupsi dari Skala Kecil Saat Audensi  Gubernur Rohidin

Tim Korsupgah KPK RI Wilayah I Sumatera melakukan audensi dengan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Selasa 23 Juli 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Tim Koordinasi dan Supervisi Korsup (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Wilayah I Sumatera melakukan audensi dengan Gubernur BENGKULU Rohidin Mersyah, pada Selasa 23 Juli 2024 di Ruang Kerja Gubernur.

Tantangan pemberantasan korupsi saat ini adalah penanganan korupsi skala kecil (petty corruption). Dimana masih banyak tindakan penyalahgunaan yang dilakukan oleh pejabat publik. 

Lantaran sudah jadi kebiasaan masyarakat memberi imbalan sebagai bentuk terima kasih dan hal ini tentu kebiasaan yang salah. 

Untuk mendorong percepatan pencegahan tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah daerah (Pemda), seperti halnya di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, Tim Koordinasi dan Supervisi Korsup) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Wilayah I melaksanakan tugas pendampingan dan pengawalan pengelolaan pemerintah. 

BACA JUGA:Ini Bocoran Dukungan Partai Demokrat untuk Pilkada Kabupaten/Kota di Bengkulu

BACA JUGA:Hari Bhayangkara ke-78, Polda Bengkulu Gelar Lomba Menembak

Sehingga dengan pendamping dan pengawalan tersebut, tata kelola pemerintahan di Pemprov Bengkulu lebih baik lagi dan terhindar dari praktik-praktik korupsi. 

"Jadi program-program yang selama ini dijalankan bisa semakin baik ke depan. Kemudian jika dalam pendampingan dan pengawalan ditemukan indikasi yang mengarah kepada korupsi, itu bisa kita cegah," jelas Kepala Satgas Tim Korsup KPK RI Wilayah Bengkulu Uding Joharudin.

Lanjut Uding Joharudin, parameter tata kelola pemerintahan dengan Monitoring Center for Prevention (MCP) sebelumnya telah dibahas bersama jajaran Pemprov Bengkulu. Kemudian baru dilakukan pencegahan korupsi dengan integritas dan beberapa program tematik lainnya. 

BACA JUGA:1.212 Anak di Kecamatan Babatan Seluma Serentak Lakukan Imunisasi Polio

BACA JUGA:Koalisi PDIP-PAN di Pilgub Bengkulu Berpotensi Pengaruhi Pilkada di Seluma

"Kali ini kita fokuskan pengawasan pada pengadaan barang/jasa dan juga perizinannya. Sehingga nanti dalam tata kelola ini kita mencegah terjadinya korupsi," imbuhnya. 

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sampaikan apresiasi atas pendampingan dan pengawalan dari Tim Korsup KPK RI Wilayah Bengkulu. 

Menurut Rohidin, sejauh ini MCP Pemprov Bengkulu sudah pada posisi cukup baik. Sementara Survei Penilaian Integritas (SPI) juga dalam posisi cukup baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: