Lampaui Target Nasional, Perekaman e-KTP di Kota Bengkulu Capai 99 Persen

Lampaui Target Nasional, Perekaman e-KTP di Kota Bengkulu Capai 99 Persen

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Bengkulu Wahyu Gunawan.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota BENGKULU mencatat masih ada sekitar 1.814 warga di wilayah tersebut yang belum melakukan proses perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP).

Namun demikian, dari data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu, capaian perekaman KTP elektronik di wilayah tersebut telah melebihi target nasional yang ditentukan yaitu 98,07 persen. 

BACA JUGA:Mutasi di Lingkup Kejati Bengkulu, Wakajati dan 4 Pejabat Lainnya Berganti

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Bengkulu Wahyu Gunawan, mencatat hingga saat ini total sudah 99,3 persen, dari wajib KTP sudah terekam itu jumlahnya 278.057 jiwa, baik itu dari laki-laki maupun perempuan. 

Meski ada sekitar 1.814 warga yang masih belum melakukan perekaman KTP elektronik, karena saat ini masih dalam proses.

BACA JUGA:Jampidum Setujui Penyelesaian 2 Perkara Berdasarkan Keadilan Restoratif di Kejari Seluma

"Untuk capaian perekaman KTP elektronik di Kota Bengkulu sudah mencapai 99,3 persen, dan dari wajib KTP sudah terekam itu jumlahnya 278.057 jiwa, baik itu dari laki-laki maupun perempuan," kata Wahyu Gunawan.

Tambah Wahyu, untuk mencapai target 100 persen pada akhir tahun ini, pihaknya terus melakukan berbagai inovasi dan gebrakan dengan upaya mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kota Bengkulu, termasuk jemput bola dan sosialisasi kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

BACA JUGA:Pilkada 2024, Jumlah DPS Bengkulu Utara Bertambah 1.346 Orang

"Berbagai inovasi dan gebrakan kita lakukan agar seluruh masyarakat di Kota Bengkulu memiliki KTP elektronik dan kita juga berharap warga dapat segera melakukan perekaman," tambahnya.

Sememtara untuk kendala dalam perekemana e-KTP selama ini, dirinya menjelaskan tidak ada hambatan berarti di Kota Bengkulu.

"Kalau kendala untuk Kota Bengkulu tidak banyak kendala berarti, paling gangguan jaringan atau lagi pemadaman listrik, itu saja sih," sambungnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Sosialisasi UU Desa Nomor 3 Tahun 2024 di Kaur

Di sisi lain, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Widodo menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan perekaman kepada 5.030 pemilih pemula jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: