Distan Seluma Kembali Usulkan 70 Unit Mesin Pompa Air Antisipasi Kekeringan Lahan

Distan Seluma Kembali Usulkan 70 Unit Mesin Pompa Air Antisipasi Kekeringan Lahan

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma kembali usulkan sebanyak 70 unit mesin pompa air ke Kementrian Pertanian (Kementan).--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma kembali usulkan sebanyak 70 unit mesin pompa air ke Kementrian Pertanian (Kementan).

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Seluma Arian Sosial melalui Kabid Pertanian Djoko Valleyantoro membenarkan terkait pengusulan kembali mesim pompa air tersebut.

Ia menyebut, langkah ini diambil guna mengatasi kekeringan lahan sawah tadah hujan saat musim kemarau.

BACA JUGA:Ini Tanggapan BRI Cabang Bengkulu soal Dugaan Kartu ATM Ganda

"Sebelumnya sebanyak 34 mesin pompa air sudah kita bagikan kepada kelompok tani untuk membantu pasokan air di sawah tadah hujan di Kabupaten Seluma. Saat ini kita kembali usulkan mesin pompa air 70 unit ke Kementan untuk optimalisasi pengairan sawah tadah hujan," ujarnya, Rabu 14 Agustus 2024.

Lanjutnya, pengusulan mesin pompa air ini juga sebagai solusi memasuki musim kemarau.

BACA JUGA:Kapal Tak Bisa Masuk, 8 Ton Pisang di Pulau Enggano Terbuang Sia-sia

Sehingga para petani tetap bisa bercocok tanam, meskipun nantinya terjadi kemarau yang membuat aliran air ke sawah menjadi terganggu.

"Kita berharap usulan ini dapat akomodir oleh Kementan, sehingga sawah dapat terairi dan para petani tetap bisa bercocok tanam saat musim kemarau," lanjut Kabid Pertanian.

BACA JUGA:Air Rebusan Kunyit Dapat Mengatasi Perut Kembung, Begini Cara Meraciknya

Ditambahkannya, sementara menunggu usulan bantuan mesin pompa air, saat ini Dinas Pertanian bersama Kodim Seluma menyiapkan mesin pompa air sebanyak 10 unit untuk brigade yang disiagakan di Kodim 0425 Seluma. 

Unit tersbut boleh digunakan oleh petani yang membutuhkan pompa air untuk mengairi sawah tadah hujannya mengalami kekeringan. 

Dengan catatan, lahan dekat dengan sumber air serta membutuhkan pompa air. 

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Bershalawat Sambut HUT ke-79 RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: