Cegah Gagal Ginjal di Usia Muda, Masyarakat Diimbau Terapkan Pola Hidup Sehat

Cegah Gagal Ginjal di Usia Muda, Masyarakat Diimbau Terapkan Pola Hidup Sehat

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau masyarakat khususnya anak muda untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit gagal ginjal yang akhirnya bisa berimbas pada aktivitas cuci darah (Hemodialisis). --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

Tambah Joni, yang juga perlu diwaspadai adalah penggunaan obat dalam jumlah banyak dan terlalu lama juga berpotensi menambah beban kerja ginjal.

"Mengkonsumsi obat dalam dosis tinggi dan dalam waktu lama juga berpotensi membebani kerja ginjal manusia. Seperti pada penderi TBC, mereka harus mengkonsumsi obat dari 6-12 bulan secara teratur, maka dari itu harus juga banyak mengkonsumsi air putih dan makanan sehat agar beban kerja ginjal tidak semakin berat," tambahnya.

BACA JUGA:Polemik Jabatan Ketua RT 33 Kelurahan Pagar Dewa, Warga: Kami Terpecah Belah

Sementara itu, beberapa waktu yang lalu Kabid Pelayanan Medik dan Keperawatan RSHD Kota Bengkulu, dr. Meidi Fazirin, M.M., MARS mengungkapkan bahwa saat ini penderita gangguan ginjal di Kota Bengkulu sudah menjangkiti anak-anak muda di bawah usia 20 tahun atau tepatnya ada yang berusia 18 tahun.

"Di unit hemodialisis RSHD sendiri, saat ini menangani pasien dengan usia 18 tahun, dan umur 24 tahun," ungkap dr. Meidi Fazirin. 

(Jalu) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: