Ini 6 Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu, Nomor 1 Tes Ibu Jari

Ini 6 Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu, Nomor 1 Tes Ibu Jari

Ilustrasi. Cara membedakan madu asli dan palsu.--(Sumber foto: Doc/BETV)

2. Tes air


--(Sumber foto: Web/wowkeren)

Cara yang kedua adalah melakukan tes dengan air. Madu dengan kadar kemurnian seratus persen jika dicampurkan dengan air akan menggumpal dan mengendap ke dasar gelas. Kamu bisa melakukan tes dengan mencampurkan madu ke dalam segelas air lalu aduk, jika madu tersebut larut kedalam air maka kemungkinan madu tersebut adalah palsu.

3. Tes kain putih dan kertas blotting

Cara mengetahui madu asli dan palsu selanjutnya adalah melakukan tes dengan kain putih dan kertas blotting. Jika madu diletakkan di atas kertas dan kain putih menembus permukaan, maka kemungkinan madu tersebut palsu. Hal ini karena madu murni memiliki tekstur yang kental sehingga tidak dapat menembus lapisan kain apalagi kertas.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Dampak Buruk Mengonsumsi Kelengkeng Secara Berlebihan, Cek di Sini

BACA JUGA:Luar Biasa! Ini 8 Macam Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kecantikan

4. Tes bakar

Tes untuk mengetahui madu asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara di bakar. Madu asli sangat mudah terbakar, namun jika madu yang kamu miliki tidak dapat dibakar, maka dipastikan madu tersebut sudah memiliki campuran lain.

5. Tes sari cuka

Cuka juga dapat digunakan untuk mengetahui antara madu asli dan palsu, yakni dengan cara campurkan madu ke air dan 2-3 tetes sari cuka. Jika berbusa, kemungkinan besar madu yang kamu miliki palsu.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Miliki Banyak Kandungan Nutrisi

BACA JUGA:Ini 6 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan yang Kamu Perlu Tahu, Lebih Baik dari Susu Sapi?

6. Tes panas

Terakhir, cara membedakan madu asli dan palsu lainnya yaitu dengan memanaskan madu tersebut. Jika setelah dipanaskan madu berubah menjadi karmel maka madu tersebut asli. Namun jika dipanaskan madu tersebut malah mendidih dan berbusa, kemungkinan besar madu tersebut sudah di campur dengan zat lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: