Bansos Beras 30 Kg Cair Lagi! Dikucurkan untuk Penerima PKH dan BPNT Pemilik KKS, Cek Nama Kamu Disini

Kamis 09-11-2023,22:09 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Kesempatan emas buat penerima PKH dan BPNT! Bansos beras tambahan hingga 30 kg siap cair  hingga akhir  November 2023. Syaratnya wajib bawa KTP dan KK serta harus terdata di DTKS Kemensos.

Klik link cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek nama penerima. Pastikan nama kamu terdata sebagai penerima bansos ini!

BACA JUGA:Buruan! Cek Saldo dan Cairkan Bantuannya via Himbara, Bansos BPNT Tahap 6 Masuk Rekening Rp400 Ribu

Bansos beras 30 kg sendiri merupakan bantuan tambahan yang diberikan kepada penerima manfaat PKH dan BPNT.

Saat ini, bansos ini telah memasuki tahap kedua untuk alokasi penyaluran bulan September-Oktober-November. Setiap penerima akan mendapatkan 10 kg beras gratis per bulan.

Jika mengutip dari laman resmi Bulog, bansos beras tahap 2 alokasi Oktober dikucurkan pemerintah dalam rangka mewaspadai potensi kenaikan permintaan bahan pangan pada periode Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Bansos PKH November 2023 Cair, Segera Cek Status Penerima Hari Ini, Auto Langsung Senyum

Salah satunya yakni agar tidak berdampak pada lonjakan harga pangan sehingga memberatkan pengeluaran keluarga miskin dan rentan miskin. 

Sebab, saat ini pemerintah sedang gencar menggalakkan bansos kepada masyarakat kurang mampu yang terdata di DTKS Kemensos untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. 

Terlebih, pemerintah telah menargetkan akan menghapus kemiskinan ekstrem hingga 0% pada tahun 2024.

Dengan program bansos tambahan ini, diharapkan dapat menurunkan beban pengeluaran masyarakat miskin dan rentan miskin. 

BACA JUGA:Cair Lagi Hari Ini! Lansia Penerima Bansos PKH Dapat BLT Rp600.000, Cek Link cekbansos.kemensos.go.id

Bansos beras akan diberikan untuk 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang berada di seluruh wilayah Indonesia dengan total anggaran Rp8 triliun.

Selain beras, pemerintah juga memberikan tambahan bantuan pangan berupa telur dan daging ayam kepada 1,4 juta balita yang termasuk dalam kategori stunting.

Dengan demikian, dalam satu bulan penerima akan membawa pulang bantuan bahan pangan gratis berupa 10 kg beras, 1 kg daging ayam, dan 10 butir telur.

Kategori :