10 Daftar Buah dan Sayuran Paling Banyak Mengandung Vitamin C, Manfaatnya Ampuh Mencegah Memar Pada Kulit

Kamis 23-05-2024,07:30 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

Tak hanya buah-buahan saja, sayuran juga punya kandungan vitamin C, berikut adalah daftar sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi, yaitu: 

1. Brokoli

Dalam satu mangkuk brokoli hijau yang telah dipotong-potong tersebut punya kandungan 80 mg vitamin C. 

Usai dimasak, kandungan vitamin C di dalam brokoli tersebut akan menyusut menjadi 50 mg, tapi angka tersebut masih menjadikan brokoli sebagai sumber vitamin C yang baik.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun hingga Kurangi Peradangan

2. Kembang kol

Meski tidak setinggi brokoli, kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Di dalam semangkuk kembang kol mentah, terdapat sekitar 50 mg vitamin C.

3. Bayam

Pada 85 gram bayam, punya kandungan berkisar 24 mg vitamin C. Kandungan vitamin C dari bayam memang tak sebanyak kedua sayuran sebelumnya, namun tetap tidak boleh meremehkan sayuran ini.

BACA JUGA:5 Kebiasaan Buruk Bikin Wajah Bening Glowing Jadi Kusam Menghitam, Nomor 1 Penyebab Utama

Pasalnya, sayuran itu mengandung banyak nutrisi penting lain bagi kesehatan, misalnya vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi.

4. Kale

Kale juga memiliki Kandungan vitamin C yang terbilang tinggi, yaitu sebanyak 120 mg per 100 gram. Ketika dikukus, direbus, atau ditumis, kandungan vitamin C yang ada pada kale akan menyusut. 

Hanya saja, di sisi berbeda, kandungan antioksidannya akan mengalami peningkatan.

Asupan vitamin C cukup penting terhadap tubuh, jangan sampai lupa untuk kembali memasukkan makanan yang memiliki kandungan vitamin C dalam menu makan setiap harinya. 

BACA JUGA:Daun Sirsak Herbal Mujarab bagi Pengidap Insomnia, Cek 6 Manfaat Lainnya di Sini

Kategori :