BMKG: Akhir Pekan, Beberapa Wilayah di Bengkulu Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang

Jumat 07-06-2024,18:50 WIB
Reporter : Muhammad Tri Imron
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam tiga hari kedepan mulai tanggal 7-9 Juni 2024, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisiska (BMKG) Provinsi BENGKULU memprakirakan cuaca atau iklim saat ini menunjukan beberapa daerah di Provinsi Bengkulu berstatus peringatan dini, akan terjadi hujan lebat dan angin kencang. 

Hal ini disampaikan oleh Lingga Olivia, SST selaku Forecaster atau Prakirawan cuaca BMKG Bengkulu.

BACA JUGA:BMKG Sebut 4 Wilayah di Provinsi Bengkulu Berpotensi Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Prediksi yang disampaikannya itu berdasarkan data yang diperbaharui BMKG Bengkulu pada Jumat 9 Juni 2024 pukul 09.30 WIB.

Berdasarkan prakiraan cuaca tiga hari kedepan, mulai tanggal 7 hingga 9 Juni 2024, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan, Seluma, Lebong, Mukomuko, Bengkulu Utara, Kepahiang, dan Rejang Lebong, 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG 18-20 Mei: 7 Wilayah di Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

"Untuk tanggal 7 Juni 2024 potensi hujan sedang hingga lebat Nihil, di tanggal 8 Juni 2024 Rejang Lebong, Kepahiang, Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong dan Bengkulu Selatan. Sedangkan di tanggal 9 Juni 2024 terjadi hujan sedang hingga lebat di daerah kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, dan Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Selatan, Seluma," ujar Lingga Olivia wawancara BETVNEWS di Kantor BMKG Bengkulu.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG: Seluruh Wilayah Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Hal ini disebabkan adanya belokan udara memicu konvergensi sehingga terdapat banyak uap air di sekitar wilaya yang ada di Provinsi Bengkulu.

"BMKG berharap masyarakat Provinsi Bengkulu mewaspadai cuaca di hari libur akhir pekan besok, karena diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat ada di dua hari kedapan," kata Lingga Olivia Jumat 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Peringatan Dini Cuaca di Bengkulu: Potensi Hujan Lebat Melanda Wilayah Ini dalam 3 Hari ke Depan

Tambah Lingga Olivia dirinya juga mengimbau agar masyarakat di Provinsi Bengkulu yang berencana berpergian pada hari Sabtu dan Minggu besok agar mempersiapkan jas hujan jika berkendara menggunakan sepeda motor.

Dan untuk pengguna kendaraan roda empat atau mobil agar mewasapadai pohon besar serta menyiapak vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan selalu update mengenai Informasi terkini seputar cuaca.

BACA JUGA:Puluhan Unit Bantuan Pompanisasi Sawah Tadah Hujan Tiba di Kantor Dinas Pertanian Kaur

Bisa melalui aplikasi resmi BMKG yang dapat diunduh di App Store dan Play Store.

Kategori :