6 Cara Tepat Cegah Obesitas pada Anak, Salah Satunya Atur Jadwal Olahraga Rutin

Sabtu 08-06-2024,16:12 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Cara Mencegah Obesitas pada Anak

1. Membatasi Waktu Bermain Gadget dan Menonton Televisi

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu mencegah obesitas pada anak ini adalah dengan membatasi waktu anak untuk bermain gadget dan juga menonton televisi. 

BACA JUGA:Cegah Obesitas dengan Bahan Alami, Yuk Coba Atasi dengan 6 Buah-buahan Ini, Dijamin Manjur

Kebiasaan untuk menonton tv atau bermain ponsel seringkali membuat anak merasa malas untuk melakukan aktivitas fisik sementara olahraga merupakan kunci untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua mengatur durasi dan juga frekuensi anak untuk bermain ponsel dan menonton tv setiap harinya, seperti membatasi maksimal dua jam sehari. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Mengurangi Makan, Kamu Perlu Menerapkan 7 Cara Ini Jika Ingin Terhidar dari Obesitas

2. Mengatur Jadwal Olahraga yang Menyenangkan

Berolahraga secara teratur penting untuk dilakukan untuk mencegah obesitas. Oleh sebab itu ajak anak untuk rutin berolahraga dengan mengatur waktu khusus seperti 20 menit perhari. 

Pilihlah olahraga yang menyenangkan dan membuat anak menikmatinya. Orang tua juga dapat membiarkan anak untuk memilih olahraga favorite mereka dan temani mereka saat berolahraga. 

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Obesitas Pada Si Kecil, Berikut 5 Cara Mencegahnya

3. Makan Secara Perlahan dan Atur Jadwal Makan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas ini dengan makan secara perlahan agar makanan dapat dicerna dengan baik. 

Tidak hanya itu, sebaiknya orang tua juga membiasakan anak untuk makan sesuai jadwal yang telah dibuat. kebiasaan ini dapat membatasi camilan tambahan di luar jam makan sehingga dapat mengurangi resiko obesitas. 

BACA JUGA:Mau Langsing? Berikut 7 Tips Mudah Turunkan Berat Badan, Cocok Bagi Penderita Obesitas

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kategori :