5 Manfaat Konsumsi Susu bagi Lansia, Cegah Osteoporosis hingga Jaga Massa Otot

Jumat 12-07-2024,12:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Kalium ini bekerja dengan mengurangi efek natrium pada tubuh dan juga mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

BACA JUGA:5 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil, Cegah Preeklamsia hingga Tekan Resiko Baby Blues

Meski demikian, pemilihan susu yang akan dikonsumsi oleh lansia juga harus tepat. Sebaiknya pilih susu dengan kandungan lemak yang rendah karena susu tinggi lemak justru dapat meningkatkan resiko penumpukan lemak di pembuluh jantung. 

4. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah radang sendi yang dapat dialami oleh para lansia sehingga mengonsumsi susu baik untuk mencegah penyakit yang satu ini. 

BACA JUGA:Bukan Hanya untuk Tulang, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh

Menurut Arthritis Foundation, seperti yang dilansir dari laman hellosehat.com, kandungan kalsium, vitamin D, serta protein yang tinggi dalam susu berpotensi untuk menurunkan resiko dari penyakit ini dengan melindungi tulang yang mendukung persendian. 

Oleh sebab itu, mengonsumsi susu dan produk olahan susu dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah radang sendi. 

BACA JUGA:Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

5. Menjaga Massa Otot

Mereka yang berada di usia lanjut juga seringkali dihadapkan dengan kondisi hilangnya massa otot. Untuk menjaga massa otot ini memerlukan protein, dan susu adalah salah stau minuman yang mengandung banyak protein sehingga baik untuk dikonsumsi oleh orang tua. 

Oleh sebab itu, mereka yang rutin mengonsumsi susu dapat menjaga kadar protein dalam tubuh mereka sehingga massa otot akan tetap terjaga saat dibarengi dengan berolahraga atau aktifitas fisik lainnya. 

BACA JUGA:Berikut 10 Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi Baik untuk Kesehatan Tulang, Nomor 9 Bikin Kaget!

Demikian ragam manfaat dari mengonsumsi susu bagi para lansia. Tetap pastikan untuk memilih susu yang tepat dikonsumsi para lansia seperti susu rendah gula dan rendah lemak. 

Bila perlu, kamu bisa mengkonsultasikan dengan ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan susu yang diperlukan oleh para lansia. Semoga informasi ini bermanfaat.(*)

Kategori :