5 Jenis Sayur Kol yang Perlu Kamu Ketahui, Pernah Coba yang Mana?

Selasa 16-07-2024,17:21 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

1. Kol Hijau

Jenis kol pertama adalah sayur kol hijau dan menjadi salah satu jenis sayur kol yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sayur yang satu ini memiliki daun terluar berwarna hijau pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dan mengandung kalori, protein, serat, vitamin K, C, dan B6, folat, mangan, kalsium, kalium, dan magnesium.

BACA JUGA:Dukung Sistem Kekebalan Tubuh, Kembang Kol Tawarkan 7 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh

2. Kol Ungu

Selain kol hijau, ada pula kol ungu atau kol merah yang masuk ke dalam kelompok tanaman brassica yang memiliki ciri berwarna ungu kemerahan dengan daun berlapis dan bulat. 

Tekstur dari kol ungu ini juga berbeda dengan kol hijau. Kol ungu memiliki tekstur daun yang lebih keras sehingga terasa lebih renyah saat digigit dan memiliki kadar vitamin C yang lebih banyak dibandingkan kol hijau. 

BACA JUGA:5 Ide Olahan Kembang Kol Lezat, Rekomendasi Buat Menu Sarapan, Cek Resepnya

3. Kol Napa

Kol napa ini merupakan salah satu jenis kol yang lebih dikenal dengan nama sawi putih. Padahal sayuran yang satu ini memiliki ama asli kol napa atau kol tiongkok. 

Sawi putih ini masuk ke dalam vareitas kol lantaran memiliki susunan daun yang berlapis-lapis. Namun berbeda dengan jenis kol lain, sawi putih ini berbentuk lonjong dan lebar. 

BACA JUGA:Kendalikan Berat Badan hingga Tangkal Radikal Bebas, Ini 7 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

4. Kol Savoy

Jenis sayur kol selanjutnya adalah kol savoy yang memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dibandingkan kol hijau atau ungu. 

Namun varietas kol yang satu ini memiliki tampilan yang lebih berkerut dengan lapisan daun terluar yang lebih lebar sehingga akan terasa lebih lembut dan empuk saat dimakan. 

BACA JUGA: Goreng Tepung hingga Karage, Ini 5 Resep Olahan Kembang Kol Rekomendasi untuk Menu Sarapan

Kategori :