Buat Jadwal Kegiatan yang Menyenangkan, Ini 5 Cara Mencegah Stres pada Lansia

Senin 22-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Membuat jadwal kegiatan yang menyenangkan menjadi salah satu cara mencegah stres pada lasia, yuk simak ulasan selengkapnya di sini.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa angka stres pada lansia cukup tinggi, baik di dunia maupun di Indonesia. Diketahui ada setidaknya 100 kasus lansia yang mengalami stres pertahunnya.

Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal mulai dari lingkungan sekitar, perubahan gaya hidup, efek ditinggalkan orang terdekat, atau kondisi kesehatan yang semakin menurun.

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan Pemicu Asam urat dan Kolesterol, Hindari Jika Tak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Tak heran jika banyak lansia yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena satu dan lain hal.

Seperti yang disampaikan sebelumnya salah satu cara mengatasi stress pada lansia adalah tetap terhubung dengan orang lain. Biasanya lansia yang mengalami stres kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya adalah karena kesepian dan merasa tidak dibutuhkan lagi.

Oleh karenanya dengan tetap terhubung dengan orang lain dapat mengurangi rasa kesepian seorang yang sudah lanjut usia.

Selain itu tetap aktif, memiliki jadwal kegiatan, membangun lingkungan yang baik, kehidupan yang sehat termasuk cara mengatasi stres pada lansia yang bisa dilakukan.

Melansir dari golantang.bkkbn.go.id, berikut cara mengatasi stres pada lansia.

BACA JUGA:Intip Ragam Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Jitu Menyembuhkan Batuk Pilek Salah Satunya

1. Kenali pemicu atau penyebab stres  

Cara mengatasi stress pada lansia yang pertama adalah dengan mengenali pemicu atau penyebab stres itu sendiri.

Hal ini dapat membantu untuk mencegah atau mengatasi stress pada lansia. Misalnya dengan mencatat hal-hal apa saja yang membuat lansia sedih, dengan mengetahuinya seseorang atau orang-orang disekitarnya dapat menghindari hal tersebut agar seorang yang sudah lanjut usia tidak merasa sedih.

Selanjutnya adalah menghindari hal-hal yang dapat membuat lansia marah, Hal tersebut karena marah juga dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan lansia tersebut mengalami stres agar dapat dilakukan tindakan pencegahan.

Kategori :